Ekstraksi Air Terhadap Umbi Suweg (Amorphophallus campanulatus Bl) dan Uwi (Dioscoreae alata) dan Karakterisasi Fraksi dari Sedimentasi Alami

Putri, SanniarEdytha (2013) Ekstraksi Air Terhadap Umbi Suweg (Amorphophallus campanulatus Bl) dan Uwi (Dioscoreae alata) dan Karakterisasi Fraksi dari Sedimentasi Alami. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Suweg (Amorphophallus campanulatus Bl) dan atau uwi (Dioscoreae alata) merupakan tanaman yang banyak ditemukan di daerah Jawa Timur antara lain di daerah Lamongan, Pasuruan, Jember, Banyuwangi, Blitar, Madiun, Malang, dan Lawang. Umbi ini sering kali hanya dimanfaatkan secara sederhana, misalnya dikukus, direbus dan dibakar. Di Taiwan, uwi dimanfaatkan untuk produk makanan seperti kue talam dan cake, sedangkan di Jepang suweg telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan mie instan. Suweg dan uwi merupakan umbi yang masih belum terlalu dikenal di masyarakat, padahal kedua umbi mengandung mucilage yang dapat dimanfaatkan lebih lanjut menjadi pangan fungsional. Kandungan tertinggi dari kedua umbi ini adalah karbohidrat. Umbi suweg mengandung karbohidrat sebesar 15,70% sedangkan uwi sebesar 11,30%, diantaranya berupa pati. Pada suweg dan uwi terdapat lendir yang disebut mucilage. Lendir ini termasuk dalam polisakarida yang sifatnya larut dalam air dan memiliki kemampuan membentuk gel. Polisakarida Larut Air (PLA) berpotensi tinggi untuk dikembangkan pada industri pangan maupun bidang kesehatan, seperti memperbaiki kontrol glisemik dan profil lemak, sebagai bahan pengental, thickener, emulsifier, dan stabilizer. Ekstraksi PLA dari umbi-umbian keluarga Dioscorea dengan pelarut air dan alkohol telah banyak diteliti. Ekstraksi dengan pelarut terdiri dari tiga tahapan yaitu pencampuran bahan baku dan pelarut sehingga terjadi kontak dari keduanya, pemisahan bahan baku dengan pelarut dan pengambilan bahan dari pelarut (Hui, 1992). Faktor-faktor yang berpengaruh dalam ekstraksi dengan pelarut adalah luas permukaan bidang singgung zat pelarut dengan bahan yang diekstraksi, waktu kontak antara bahan dengan pelarut, jumlah pelarut dan suhu ekstraksi yang digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2013/64/051302789
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 31 Jul 2013 10:31
Last Modified: 31 Jul 2013 10:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149444
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item