Studi Proses Pulping Serat Pelepah dan Serat Kulit Buah Nipah (Nypah fruticans) dengan Metode Kimia (Kajian Konsentrasi NaOH).

Ansory, Dedik (2013) Studi Proses Pulping Serat Pelepah dan Serat Kulit Buah Nipah (Nypah fruticans) dengan Metode Kimia (Kajian Konsentrasi NaOH). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin meningkatnya kebutuhan pulp , maka ketersediaan bahan baku khususnya kayu juga semakin mengalami penurunan, sehingga di butuhkan alternatif bahan baku non kayu sebagai pengganti kayu dalam pembuatan pulp . Salah satu bahan baku non kayu adalah tanaman nipah. Proses pulping untuk bahan baku non kayu seperti nipah akan lebih optimal jika dilakukan menggunakan metode kimia dengan proses soda yaitu pemasakan alkali dengan larutan NaOH. Tujuan dari penelitian adalah mendapatkan konsentrasi larutan NaOH yang terbaik, mengetahui pengaruh konsentrasi larutan NaOH terhadap kualitas kimia pulp , dan melakukan perhitungan tentang potensi pelepah nipah sebagai pulp . Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok pola faktorial dengan faktor I yaitu jenis bahan baku serat pelepah dan serat kulit buah nipah) kemudian faktor II yaitu konsentrasi larutan NaOH (5%, 10%, 15% dan 20%) yang diulang 3 kali. Perlakuan terbaik diperoleh pada perlakuan dari serat pelepah nipah dengan penambahan larutan NaOH pada konsentrasi 20%. Pulp dari perlakuan tersebut memiliki kandungan kiwiawi selulosa sebesar 38,50% dan lignin 7,02%.Setelah dilakukan perhitungan tentang ketersediaan dan potensi bahan baku sebagai pulp , ternyata pelepah nipah khususnya di Pulau Bawean dapat menghasilkan pelepah kering sebesar 10.080 ton/tahun dan pulp sebesar 2.812 ton/tahun. Berdasarkan data tersebut, pelepah nipah cukup berpotensi sebagai bahan baku alternatif dalam industri pulp seni karena di Pulau Bawean saja mampu menyumbang pulp sebesar 0,070% dari kebutuhan pulp kertas seni di dalam negeri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2013/5/051301982
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Aug 2013 13:46
Last Modified: 01 Aug 2013 13:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149431
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item