Desain Layout Gudang Bahan Baku Berdasarkan Faktor Komoditi Bahan Baku (Studi Kasus di Repoeblik Telo, Lawang, Pasuruan )

Suhartina, Ira (2013) Desain Layout Gudang Bahan Baku Berdasarkan Faktor Komoditi Bahan Baku (Studi Kasus di Repoeblik Telo, Lawang, Pasuruan ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bakpao merupakan makanan asli dari Cina yang telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Repoeblik Telo merupakan salah satu produsen bakpao telo yang berada di Lawang. Pada tahun 2011 jumlah produksi bakpao telo mencapai 15000 biji hingga 24500 biji per minggu. Dengan meningkatnya jumlah produksi maka jumlah kebutuhan bahan untuk membuat bakpao juga meningkat. Selama ini pihak Repoeblik Telo menyimpan bahan di gudang supplier yang berada di pasar Lawang dan jaraknya sekitar 1 km dari Repoeblik Telo. Dengan adanya permasalahan tersebut pihak Repoeblik Telo menginginkan pembangunan gudang bahan baku yang berada di area resto . Lahan kosong yang tersedia di Repoeblik Telo saat ini seluas 48m 2 dengan panjang 6m dan lebar 8m. Tujuan dari penelitian ini adalah mendesain alternatif layout gudang bahan baku Repoeblik Telo berdasarkan faktor komoditi dalam pengaturan layout gudang yang terdiri dari tiga kriteria, yaitu kriteria popularity, characteristic dan size . Penelitian mengenai perencanaan desain layout dilaksanakan di resto Repoeblik Telo Jl. Raya Purwodadi No. 1 Simping-Lawang, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei sampai Desember 2012. Tahapan yang pertama dilakukan setelah memperoleh data adalah melakukan pengelompokan bahan baku berdasarkan kriteria popularity, size dan characteristic . Selanjutnya melakukan perhitungan area efficiency untuk mengetahui dimensi pallet yang akan digunakan. Tahap selanjutnya adalah menyusun ARC ( Activity Relationship Chart ), kemudian hasil dari ARC dimasukan ke dalam work sheet yang selanjutnya akan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan ARD ( Activity Relationship Diagram ). Tahap akhir dari penelitian ini adalah mendesain layout gudang bahan baku berdasarkan kriteria popularity, size dan characteristic serta melakukan perhitungan jarak yang ditempuh dalam pengambilan bahan di gudang. Pengelompokan bahan berdasarkan kriteria popularity didasarkan pada frekuensi kedatangan bahan. Bahan dengan kedatangan sering diletakkan di dekat titik I/O (Input/Output). Urutan penempatan bahan pada alternatif layout berdasarkan kriteria popularity adalah sebagai berikut: tepung terigu, gula, selai, keju, cokelat meses, pewarna makanan dan yang terakhir adalah ragi. Pengelompokan bahan berdasarkan kriteria size didasarkan pada ukuran kemasan bahan yang disimpan. Bahan dengan ukuran besar dan berat diletakkan didekat titik I/O. Urutan penempatan bahan pada alternatif layout berdasarkan kriteria size adalah sebagai berikut: gula, tepung terigu, selai, keju, ragi, pewarna makanan dan yang terakhir adalah cokelat meses. Pengelompokan bahan berdasarkan kriteria characteristic didasarkan pada karakteristik bahan yang disimpan. Selai dan keju harus disimpan di dalam kulkas sedangkan ragi tidak boleh disimpan ditempat yang panas, sehingga ragi diletakkan jauh dari kulkas. Urutan penempatan bahan pada alternatif layout berdasarkan kriteria

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2013/49/051304552
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Jul 2013 14:23
Last Modified: 09 Nov 2021 02:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149430
[thumbnail of 051304552.pdf]
Preview
Text
051304552.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item