Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Keripik Mang Ampung Dengan Metode Importance Performance Analysisdan Customer Satisfaction Index

Resma, Prima Sukmana (2013) Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Keripik Mang Ampung Dengan Metode Importance Performance Analysisdan Customer Satisfaction Index. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya Permintaan Produk Pangan Akan Mendorong Para Pengelola Bisnis Saling Bersaing Dalam Dalam Memenuhi Kebutuhan Konsumen. Kebutuhan Konsumen Yang Dapat Berubah-Ubah Setiap Waktu, Menuntut Pelaku Bisnis Untuk Terus Meningkatkan Kualitas Produk Dalam Memenuhi Apa Yang Menjadi Keinginan Konsumen. Hal Ini Juga Dilakukan Oleh Produsen Keripik Mang Ampung. Sebagai Produk Baru, Dalam Mempertahankan Dan Memenangi Persaingan Dengan Bisnis Serupa, Harus Selalu Dilakukan Pengembangan Terhadap Produk Keripik Mang Ampung Melalui Dimensi Kualitas Produk. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Tingkat Kepentingan Dan Kinerja Atribut-Atribut Produk , Mengetahui Prioritas Perbaikan Atribut Produk, Serta Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Keripik Mang Ampung . Responden Dalam Penelitian Ini Adalah Konsumen Yang Sedang Membeli Atau Mengkonsumsi Keripik Mang Ampung. Teknik Pengambilan Sampel Menggunakan Accidental Sampling , Sedangkan Jumlah Sampel Adalah 125 Responden Berdasarkan Perhitungan Linear Time Function. Analisis Data Dilakukan Dengan Metode Importance-Performance Analysis (Ipa) , Sehingga Diketahui Atribut Kualitas Apa Saja Yang Sebaiknya Diperbaiki Dan Dipertahankan Dari Kualitas Keripik Mang Ampung Saat Ini. Variabel Yang Digunakan Adalah Performance, Features, Reliability, Servicebility, Aesthetic, Dan Perceived Quality. Masing – Masing Variabel Memiliki Beberapa Atribut Yang Kemudian Dinilai Oleh Responden Mengenai Tingkat Kepentingan Dan Kinerja Yang Dirasakan Pada Tiap Atribut Produk Tersebut. Pengukuran Dilanjutkan Terhadap Tingkat Kepuasan Responden Secara Keseluruhan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (Csi) Hasil Dari Perhitungan Ipa Menunjukkan Atribut Yang Menjadi Prioritas Untuk Diperbaiki Adalah Atribut – Atribut Yang Berada Dikuadran I, Yaitu Kondisi Kemasan, Informasi Produk, Dan Keamanan Bahan Kemasan. Atribut-Atribut Yang Menjadi Prioritas Kedua Untuk Diperbaiki Adalah Atribut Yang Berada Dikuadran Iii, Yaitu Kemudahan Dalam Memperoleh Produk, Kepopuleran Merek, Bentuk Kemasan, Dan Keseragaman Ukuran. Atribut Yang Dianggap Penting Dan Sudah Sesuai Dengan Yang Diharapkan Sehingga Bisa Menjadi Asat Yang Bisa Di Unggulkan Adalah Atribut Yang Berada Pada Kuadran Ii, Yaitu Harga Produk, Manfaat Singkong Sebagai Bahan Baku, Rasa, Serta Kerenyahan Keripik . Melalui Perhitungan Csi, Didapatkan Nilai Csi Sebesar 70,39%. Nilai Ini Menunjukkan Bahwa Indeks Kepuasan Responden Pada Kriteria Puas

English Abstract

Increased Of Goods And Services Demand, Including Food And Beverage Would Encourage The Managers Of Each Business In The Competitive Field. Consumers Needs And Expectations Can Change Any Time Thus Require To Continuously Product Improvement For Realize Consumers Needs. The Improvement Was Done By Mang Ampung As Cassava Chips Manufacturer. Product Development With Quality Dimensions Improvement Must Be Done By Mang Ampung As A New Product For Defending And/Or Winning The Competition With Similar Products. The Aims Of This Research Were To Identify The Attributes Of Mang Ampung Chips, Evaluate It’s Performance To Find Out Attributes Based On Consumer Perception, And Determine The Percentage Of Customer Satisfaction. The Respondent In This Research Was The Consumer That Bought And Consumed Mang Ampung Chips. The Sampling Technique Used Accidental Sampling With A Number Of Sample Is 125 People, Based On Linier Time Function. Data Analysis Was Conducted Using The Importance- Performance Analysis (Ipa). Quality Variables Used In This Methode Were Performance, Features, Reliability, Servicebility, Aesthetic, And Perceived Quality. The Respondent Was Done To Assess Of The Importance And Perceived Performance On Each Of Attributes Product. The Customer Satisfaction Measurement Of Quality Product Was Conducted Using The Customer Satisfaction Index (Csi). The Result Of This Research Showed That Condition Of The Packaging, Product Information, And Security Packaging Materials Were Priority For Quality Improvement. The Ease In Obtaining The Product, Product Popularity, Shape Of Packaging, And Size Uniformity Were Attributes To Be Second Improved. The Price Of The Produc, The Benefits Of Cassava As A Raw Material, Flavor, And Texture Ere Attributes That Considered Important And Approriated With Customer Expectation. In Addition, Color Of Product, Shape And Packaging Labels Were Attributes That According To Consumer Excess, But Its Performance Is Not So Important. Based On Csi Percentage (70,39%), This Research Showed That Customer Were Satisfied With The Quality Of Mang Ampung Chips

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2013/284/051311829
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Atribut, Kepuasaan, Konsumen,- Quality, Attributes, Satisfaction, Consumers
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Dec 2013 09:56
Last Modified: 29 Nov 2021 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149392
[thumbnail of Skripsi_11510030911101.pdf]
Preview
Text
Skripsi_11510030911101.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item