Efek Prebiotik dan Sinbiotik Secara In Vivo Komponen Pembentuk Gel (KPG) Simplisia Daun Cincau Hitam (Mesona palustris BL) Menggunakan Probiotik Bifidobacterium bifidum.

Hadi, Mohammad Sofyan (2013) Efek Prebiotik dan Sinbiotik Secara In Vivo Komponen Pembentuk Gel (KPG) Simplisia Daun Cincau Hitam (Mesona palustris BL) Menggunakan Probiotik Bifidobacterium bifidum. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cincau hitam ( Mesona palustris BL) merupakan tanaman khas Asia Tenggara. Tanaman ini banyak terdapat di Indonesia terutama di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Tanaman ini mengandung komponen pembentuk gel (KPG) berupa hidrokoloid jenis gum yang bersama-sama pati akan membentuk gel yang kokoh. Gum adalah bentuk serat pangan yang larut dalam air yang tidak dapat diuraikan oleh sistem pencernaan manusia normal yang diduga dapat difermentasi oleh bakteri probiotik dalam usus besar sehingga menghasilkan efek kesehatan bagi manusia. Kombinasi probiotik dan prebiotik tersebut dinamakan sebagai sinbiotik. Kombinasi ini memiliki keuntungan yaitu meningkatakan daya tahan hidup bakteri probiotik karena substrat yang spesifik telah tersedia untuk proses fermentasi sehingga manusia mendapatkan manfaat yang lebih sempurna dari kombinasi ini. Penelitian efek sinbiotik perlu menggunakan hewan percobaan. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui efek prebiotik dan sinbiotik dari KPG cincau hitam untuk menghambat bakteri patogen dalam usus secara in vivo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efek pemberian asupan prebiotik berupa KPG cincau hitam ( Mesona palustris BL) dan probiotik B. bifidum (sinbiotik) terhadap pertumbuhan bakteri probiotik dan penghambatan bakteri E. coli pada saluran pencernaan tikus Sprague Dawley . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan tersarang (nested design) dengan dua faktor dan lima ulangan. Faktor 1 terdiri dari kelompok kontrol, prebiotik, probiotik, dan sinbiotik. Faktor 2 adalah lama pemberian perlakuan pada hari ke-0, hari ke-7, hari ke-14, dan hari ke-21. Data yang diperoleh dianalisa dengan analisis varians (ANOVA) dengan selang kepercayaan 5% dan untuk uji BNT dengan selang kepercayaan 5%. Selain itu data hasil penelitian juga dianalisa menggunakan metode deskriptif. Pemilihan perlakuan terbaik dilakukan dengan menggunakan metode ranking. Hasil penelitian menunjukkan pemberian formula perlakuan prebiotik dan sinbiotik KPG cincau hitam memberikan pengaruh nyata (α=0,05) dalam meningkatkan total BAL pada feses tikus dan menekan pertumbuhan bakteri patogen ( E. coli ). Pada perlakuan prebiotik KPG cincau hitam menghasilkan peningkatan BAL sebesar 4,53 x 10 7 CFU/g dan penurunan E. coli sebesar 1,91 x 10 7 CFU/g. Perlakuan probiotik B. bifidum menghasilkan peningkatan BAL sebesar 4,65 x 10 7 CFU/g dan penurunan E. coli sebesar 2,38 x 10 7 CFU/g. Perlakuan sinbiotik (KPG cincau hitam + B. bifidum ) berdasarkan metode ranking merupakan perlakuan terbaik dengan menghasilkan peningkatan BAL sebesar 8,97 x 10 7 CFU/g dan penurunan E. coli sebesar 5,32 x 10 7 CFU/g.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2013/154/051307663
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Aug 2013 11:12
Last Modified: 16 Mar 2022 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149259
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (736kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (809kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (653kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (701kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (954kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (720kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item