Pemanfaatan Selulosa Dari Limbah Kulit Buah Kakao (Teobroma cacao L.) Sebagai Bahan Baku Pembuatan CMC (Carboxymethyl Cellulose) (Kajian Konsentrasi Asam Trikloroasetat dan Lama Agitasi)

Nisa, Dianrifiya (2013) Pemanfaatan Selulosa Dari Limbah Kulit Buah Kakao (Teobroma cacao L.) Sebagai Bahan Baku Pembuatan CMC (Carboxymethyl Cellulose) (Kajian Konsentrasi Asam Trikloroasetat dan Lama Agitasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanaman coklat (Theobroma cacao L) termasuk famili Sterculiaceae dan tumbuh baik di daerah khatulistiwa seperti halnya di Indonesia. Indonesia merupakan negara penghasil kakao ketiga di dunia dengan produksi yang terus tumbuh 3,5% tiap tahunnya. Pada tahun 2010 Indonesia memproduksi 574 ribu ton kakao. Jika proporsi lmbah kulit kakao mencapai 75,52% dari produksi industri, maka limbah kulit buah kakao mencapai 433 ribu, maka dari itu limbah kulit buah kakao merupakan suatu potensi yang sangat besar untuk dimanfaatkan. Limbah kulit kakao ini salah satunya banyak mengandung 32-45% serat kasar yang berupa lignin dan selulosa. Selulosa merupakan polisakarida yang jika terhidrolisis akan menghasilkan monomer glukosa dan beberapa selobiosa. Sifat dari selulosa ini yaitu tidak larut didalam air dan sangat mudah menyerap air, sehingga cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan CMC (carboxy methyl cellulose). Pembuatan CMC terdiri dari dua tahap yaitu alkalisasi dan karboksimetilasi. Penelitian ini bertujuan mendapatkan konsentrasi asam trikloroasetat dengan lama agitasi yang tepat untuk mendapatkan karakteristik CMC yang sesuai dengan standar yang berlaku. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu RAK (Rancangan Acak Kelompok) menggunakan 2 faktor yaitu konsentrasi Asam trikloroasetat (20% dan 30%) dan lama waktu agitasi (1 jam, 2 jam, 3jam) dengan 3 kali ulangan. Data yg didapatkan akan dilakukan analisa ragam (ANOVA) dengan taraf nyata 5%. Apabila terdapat interaksi diantara perlakuan dilanjutkan DMRT (Duncan Multiple Range Test) untuk mengetahui perbedaan pengaruh dari tiap-tiap perlakuan. Setelah itu dilanjutkan dengan penentuan perlakuan terbaik metode zeleny. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya konsentrasi Asam Trikloroasetat dan lama agitasi yang dilakukan memberikan interaksi yang nyata terhadap derajat substitusi dan banyaknya konsentrasi Asam Trikloroasetat memberikan pengaruh nyata terhadap kelarutan dalam air, dan tidak memberikan pengaruh nyata terhadap kadar air, pH, viskositas, dan warna. Perlakuan terbaik yang diperoleh yaitu kombinasi dari perlakuan konsentrasi Asam Trikloroasetat 20% dan lama agitasi selama 1 jam dengan hasil analisa yang diperoleh yaitu derajat substitusi 0,108, indeks kelarutan dalam air sebesar 0,725, pH 8,157, viskositas 6,333, kadar air 13,511, kecerahan (L) 79,433, derajat kekuningan (a+) 2,400, dan derajat kemerahan (b+) 19,633.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2013/127/051306855
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 14 Aug 2013 10:14
Last Modified: 21 Oct 2021 08:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149231
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item