Analisis Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Produktivitas Karyawan dengan Metode Partial Least Squares di Bagian Instalasi PG Krebet Baru II Malang

Ukhisia, BellaGloria (2013) Analisis Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Produktivitas Karyawan dengan Metode Partial Least Squares di Bagian Instalasi PG Krebet Baru II Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Suatu perusahaan dituntut untuk mampu meningkatkan produktivitas sumber daya manusia yang ada. Produktivitas sumber daya manusia ditentukan oleh sejauh mana sistem yang ada di perusahaan mampu menunjang dan memuaskan keinginan seluruh pihak. Apabila suatu perusahaan peduli dengan keberadaan dan kesejahteraan karyawan, maka karyawan akan meningkatkan produktivitas kerjanya terhadap perusahaan. Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan adalah keselamatan dan kesehatan kerja (K3). PG Krebet Baru Malang yang terdiri dari dua unit pabrik (PG Krebet Baru I dan PG Krebet Baru II) merupakan salah satu perusahaan BUMN yang memproduksi gula dengan merek Raja Gula. Potensi bahaya yang ditimbulkan oleh karakteristik mesinnya sangat besar seperti pada stasiun listrik dan gilingan. PG Krebet Baru II telah menerapkan program K3. Program K3 tersebut tidak berjalan lancar karena karyawan kurang memperhatikan keamanan saat melakukan pekerjaan sehingga kecelakaan di tempat kerja mungkin terjadi. Selama ini hubungan antara K3 terhadap produktivitas karyawan belum diketahui serta dipahami secara pasti baik oleh perusahaan maupun karyawan itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh antara variabel keselamatan kerja dan kesehatan kerja terhadap produktivitas karyawan di Bagian Instalasi PG Krebet Baru II Malang dan mengetahui pengaruh variabel keselamatan kerja terhadap kesehatan kerja di Bagian Instalasi PG Krebet Baru II Malang. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Squares . Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keselamatan kerja dengan nilai koefisien regresi 0,137 tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan. Variabel kesehatan kerja dengan nilai koefisien regresi 0,258 berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan. Keselamatan kerja dengan koefisien regresi 0,587 berpengaruh signifikan terhadap kesehatan kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2013/100/051306222
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Aug 2013 13:31
Last Modified: 21 Oct 2021 08:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149209
[thumbnail of Skripsi_Bella_Gloria_U._(0911030080-103).pdf]
Preview
Text
Skripsi_Bella_Gloria_U._(0911030080-103).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item