Analisis Pengendalian Kualitas Proses Pelapisan Adonan Kacang Shanghai dengan Pendekatan Metode Six Sigma (Studi Kasus di PT. Suling Mas Tulungagung)

Adityaputra, Galih (2012) Analisis Pengendalian Kualitas Proses Pelapisan Adonan Kacang Shanghai dengan Pendekatan Metode Six Sigma (Studi Kasus di PT. Suling Mas Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengendalian proses produksi yang dilakukan sebagai salah satu strategi pengendalian mutu diharapkan dapat meningkatkan mutu produk kacang shanghai pada PT. Suling Mas, sehingga mampu bersaing dengan produses lain yang memproduksi kacang shanghai. Selama ini, sering terjadi masalah pada proses pelapisan adonan pada kacang yang tidak merata sehingga menyebabkan lapisan kacang shanghai tampak tidak merata dan berlubang. Informasi mengenai seberapa besar proses tersebut telah bekerja dengan baik bagi perusahaan, dapat diperoleh dengan mengukur besarnya nilai sigma dan % final yield proses pelapisan adonan dengan menggunakan metode Six Sigma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelapisan adonan masi bekerja dengan baik dan berada di atas rata-rata industri Indonesia. Hal ini dilihat dari nilai sigma yang didapat yaitu sebesar 2,61 dan 2,68, serta nilai final yield sebesar 86,6% dan 88,1%. Akan tetapi, masih perlu dilakukan perbaikan proses untuk menuju target 6 sigma. Berdasarkan gambar diagram sebab akibat, faktor yang mempengaruhi lapisan adonan tidak merata adalah faktor manusia, mesin, metode, dan material. Permasalahan pekerja kurang teliti pada faktor manusia menjadi prioritas utama untuk segera dilakukan perbaikan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/83/051201221
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Sep 2012 13:30
Last Modified: 21 Oct 2021 07:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149190
[thumbnail of laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
laporan_Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item