Studi Preferensi Konsumen Terhadap Keripik Kentang Dengan Model Kano (Studi Kasus Pada Ud Rimbaku, Batu)

Hedar, Harirah (2013) Studi Preferensi Konsumen Terhadap Keripik Kentang Dengan Model Kano (Studi Kasus Pada Ud Rimbaku, Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengolahan terhadap kentang perlu dilakukan untuk memberikan nilai ekonomi yang lebih tinggi dan daya simpan yang lebih lama, salah satunya yaitu mengolah kentang menjadi keripik. Saat ini terdapat 21 UKM keripik kentang yang sedang berkembang di kota Batu. UD Rimbaku merupakan salah satu UKM yang memproduksi keripik kentang. Data 5 tahun terakhir menunjukkan bahwa rata-rata penjualan UD Rimbaku sebesar 6.495 kg, nilai ini masih lebih rendah dari pesaingnya. Jumlah penjualan tersebut harus ditingkatkan untuk dapat bertahan di pasar. Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan memenuhi keinginan konsumen terhadap keripik kentang. Untuk mengetahuinya dibutuhkan suatu informasi mengenai preferensi konsumen dengan menggunakan model kano dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengelompokkan hal-hal yang dianggap penting untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut keripik kentang berdasarkan preferensi konsumen dan mereferensikan atribut keripik kentang yang harus diperbaiki. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2012 di outlet pemasaran UD Rimbaku, yaitu di toko Tino. Pengolahan data dilakukan di Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem. Dalam penelitian ini penentuan atribut produk berdasarkan 5 dimensi kualitas (fitur, reliabilitas, pelayanan, estetika, dan sesuai dengan spesifikasi) dari 8 dimensi kualitas yang dikembangkan oleh Garvin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh pemberian atribut rasa kentang lebih kuat, ketebalan lebih tipis, penambahan rasa, pencantuman customer service dan pencantuman berat bersih produk. Atribut keripik kentang yang perlu diperbaiki adalah atribut yang termasuk kategori must be yaitu tekstur lebih renyah, pencantuman berat bersih produk dan pencantuman customer service, serta atribut yang termasuk kategori attractive yaitu rasa kentang lebih kuat, ketebalan lebih tipis dan penambahan rasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/366/051300266
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Jan 2013 09:43
Last Modified: 21 Oct 2021 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149127
[thumbnail of SKRIPSI_HARIRAH_0811030035.pdf] Text
SKRIPSI_HARIRAH_0811030035.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of JURNAL_HARIRAH_0811030035.pdf]
Preview
Text
JURNAL_HARIRAH_0811030035.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item