Analisa Fisik dan Umur Simpan Buah Kesemek (Dyospyros kaki) Dengan Menggunakan Penyimpanan Atmosfer Termodifikasi/ Modified Atmosphere Storage (MAS).

WijayaSeptyanNico (2012) Analisa Fisik dan Umur Simpan Buah Kesemek (Dyospyros kaki) Dengan Menggunakan Penyimpanan Atmosfer Termodifikasi/ Modified Atmosphere Storage (MAS). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Buah kesemek merupakan buah klimaterik yang tetap mengalami proses metabolisme setelah pemanenan sehingga lebih mudah mengalami kerusakan daripada buah non-klimaterik. Tujuan dari penelitian ini meliputi : Mengetahui konsentrasi O2 dan CO2 yang baik selama penyimpanan dengan menggunakan atmosfer termodifikasi, Mengetahui perubahan fisik buah kesemek selama penyimpanan (susut berat,kadar air, nilai tekstur buah dan total padatan terlarut), Mengetahui Pendugaan dan umur simpan buah kesemek. Penelitian ini menggunakan metode rancang acak lengkap dengan modifikasi komposisi udara dalam ruang kemasan yaitu K1(10% O2, 1 % CO2) dan K2(5% O2, 3 % CO2) dan dikombinasikan dengan suhu rendah yaitu 15 ºC,10 ºC dan 5 ºC. Buah kesemek disimpan didalam kemasan plastik polyethylene, pengkondisian komposisi udara K1 dan K2 menggunakan bantuan mesin Vacuum frying, kemudian disimpan didalam lemari pendingin dan diamati perubahan fisik buah setiap 7 sekali selama 28 hari. Dari hasil penelitian, diperoleh laju respirasi buah kesemek semakin rendah jika suhu saat penyimpanan juga rendah. Penyimpanan pada suhu 5 adalah penyimpanan terbaik dengan puncak klimaterik pada hari ke 8 dan buah bertahan sampai 14 hari. Laju respirasi digunakan sebagai parameter kemuduran mutu buah setelah mengalami proses klimaterik. Perlakuan K2T3 adalah perlakuan yang paling baik menekan perubahan fisik buah, dengan presentase susut berat sebesar 0.41%, jumlah kadar air 84.68% pada minggu ke I, total padatan terlarut (kadar gula) sebesar 9 brix pada minggu IV, dan tekstur (kekerasan) sebesar 68.48 mm.gr/detik pada minggu II. Untuk uji organoleptik warna mewakili penilaian panelis terhadap buah kesemek yang disimpan. Pedugaan umur simpan dari buah kesemek dengan MAS lebih dari 35 hari. Dapat disimpulkan penyimpanan atmosfer termodifikasi dapat mempertahankan kualitas, mutu dan memperpanjang umur simpan dari buah kesemek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/35/051200161
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Sep 2012 10:48
Last Modified: 21 Oct 2021 06:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149111
[thumbnail of SKRIPSI_PDF.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PDF.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item