Studi Karakteristik Virgin Coconut Oil (VCO) Tersuplementasi Antioksidan Larut Lemak Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) Selama Penyimpanan

Maliq, Sevinna (2012) Studi Karakteristik Virgin Coconut Oil (VCO) Tersuplementasi Antioksidan Larut Lemak Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) Selama Penyimpanan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mulai tahun 2004, VCO banyak diminati masyarakat yang berdampak pada tingginya permintaan, walaupun VCO relatif lebih tahan terhadap proses oksidasi dibandingkan dengan minyak lain, namun bila VCO disimpan dalam jangka waktu yang lama dalam keadaan kontak dengan faktor inisiator maka penurunan kualitas VCO akan tetap terjadi. Pada umumnya VCO yang beredar dipasaran tidak ditambahkan senyawa antioksidan untuk mencegah oksidasi komponen dalam minyak yang dapat menurunkan mutu VCO. Untuk mencegah proses oksidasi tersebut diperlukan senyawa yang dapat menunda, memperlambat dan mencegah proses oksidasi. Dengan demikian untuk mempertahankan dan menambah segala keunggulan VCO, maka jenis antioksidan yang alami akan sangat baik bila diaplikasikan pada pembuatan VCO. Alternatif antioksidan yang dapat digunakan adalah antioksidan larut lemak dari bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa Linn.). Bunga rosella mengandung senyawa antioksidan larut lemak jenis karoten serta beberapa vitamin larut lemak. Dengan suplementasi senyawa antioksidan alami larut lemak bunga rosella dalam VCO, maka diharapkan dapat berperan dalam mempertahankan kualitas VCO selama penyimpanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan laboratorium dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang melibatkan 1 faktor perlakuan, yaitu level pemberian antioksidan larut lemak alami dari rosella. Faktor perlakuan antioksidan terdiri dari penambahan antioksidan larut lemak alami dari rosella sebanyak 0%, 5%, 10%, 15% dari berat VCO. Selanjutnya dilakukan uji zeleny untuk perlakuan terbaik dan uji T antara perlakuan terbaik VCO tersuplementasi rosella dengan antioksidan sintetis yaitu BHT 200 ppm.Masing-masing perlakuan antioksidan disimpan dengan lama 0 jam, 48 jam, 96 jam, 144 jam, 192 jam dan dilakukan analisa setiap 2 hari sekali, pada kondisi penyimpanan suhu 600C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa VCO tersuplementasi rosella 15% merupakan VCO dengan perlakuan terbaik selama masa simpan dalam mempertahankan kualitas VCO dengan nilai bilangan peroksida 5,13 mek/kg, asam lemak bebas 2,60%, kadar beta karoten 2261 μg/100g, aktifitas antioksidan 25,72% dan tingkat kecerahan 14,57. VCO tersuplementasi rosella 15% lebih efektif dalam menghambat oksidasi dibandingkan dengan BHT 200 ppm. Demikian pula dengan aktifitas antioksidan yang dimiliki oleh VCO tersuplementasi rosella 15% lebih tinggi bila dibandingkan dengan BHT. Namun rosella 15% tidak lebih efektif dalam mempertahankan tingkat kecerahan dibanding BHT. Dan keduanya baik Rosella maupun BHT tidak efektif dalam menghambat terbentuknya asam lemak bebas pada VCO. Kesimpulan dari penelitian ini adalah VCO tersuplementasi antioksidan bunga rosella 15% dapat mempertahankan kualitas VCO selama penyimpanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/34/051200160
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Sep 2012 14:02
Last Modified: 16 Mar 2022 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149103
[thumbnail of Skripsi_Sevinna.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Sevinna.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item