Banding Efek Antidiare Ekstrak Daun Cincau Hitam (Mesona palustris BL), Daun Sawo Manila (Acrhras zapota L) Dan Daun Salam (Syzygium polyanthum (Wight.) Walp) Dalam Pembuatan Jelly Drink Pada Mencit

Safitri, RahmaMaya (2012) Banding Efek Antidiare Ekstrak Daun Cincau Hitam (Mesona palustris BL), Daun Sawo Manila (Acrhras zapota L) Dan Daun Salam (Syzygium polyanthum (Wight.) Walp) Dalam Pembuatan Jelly Drink Pada Mencit. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyakit infeksi merupakan penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia sejak dulu, diantaranya adalah infeksi usus (diare). Secara tradisional masyarakat Indonesia sudah mempercayai akan manfaat dari cincau hitam, daun sawo Manila dan daun salam sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi diare. Namun, mereka tidak mengetahui senyawa apa yang berperan dalam mengatasi diare. Penelitian ini dimaksudkan untuk membandingkan dari ketiga jelly drink yang masing-masing terbuat dari ekstrak cincau hitam, daun sawo Manila dan daun salam, dimana terlebih dulu dilakukan berbagai analisa untuk mendapatkan jelly drink dengan formulasi terbaik yang akan diuji secara invivo. Penelitian ini dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama adalah pembuatan jelly drink sesuai formulasi I dan II dengan rancangan percobaan RAK. Dan didapatkan pemilihan perlakuan terbaik secara keseluruhan analisa kimia dan fisik yaitu jelly drink formulasi II. Tahap kedua adalah pengujian antidiare secara invivo. Mencit dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kelompok I (Kontrol Positif) diberi aquades sebanyak 0,20 ml per mencit, kelompok II (Kontrol Negatif) diberi Loperamid dosis 1mg/kg bb, Kelompok III diberi suspensi Jelly Drink Cincau Hitam sebanyak 0,20 ml per mencit, Kelompok IV diberi suspensi Jelly Drink Daun Sawo Manila sebanyak 0,20ml per mencit dan Kelompok V diberi suspensi Jelly Drink Daun Salam sebanyak 0,20 ml per mencit. Semua perlakuan menggunakan dosis yang sama yaitu 80 mg/ kg BB. Data hasil pengamatan dianalisa secara statistik dengan SPSS 16.0 dengan selang kepercayaan 95%. Berdasarkan penelitian Jelly Drink Daun Sawo Manila lebih memberikan efek antidiare dari pada Jelly Drink Cincau Hitam dan Jelly Drink Daun Salam karena didalam daun Sawo Manila memiliki kadar tanin yang lebih tinggi yaitu 2233,07 ppm dibanding bahan yang lain, karena Jelly Drink Daun Sawo Manila memiliki efektifitas yang mendekati kekuatan efek antidiare yang dimiliki oleh K- (Diare dengan perlakuan obat) yaitu obat Loperamide.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/338/051205590
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 22 Jan 2013 08:57
Last Modified: 21 Oct 2021 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149101
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of jurnal_Maya.pdf]
Preview
Text
jurnal_Maya.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Uji_Antidiare.pdf]
Preview
Text
Uji_Antidiare.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item