Perencanaan Strategi Pemasaran berdasarkan Analisis Posisi Persaingan Produk Minuman Sari Buah Apel di Kota Batu dengan Metode Multidimensional Scaling (MDS)

Astuti, GaluhIka (2012) Perencanaan Strategi Pemasaran berdasarkan Analisis Posisi Persaingan Produk Minuman Sari Buah Apel di Kota Batu dengan Metode Multidimensional Scaling (MDS). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minuman sari buah apel saat ini memiliki persaingan pasar yang sangat ketat. Berdasarkan data dari Dinas Koperindag Kota Batu tahun 2009 dapat diketahui bahwa terdapat 39 industri pengolahan buah apel dan 35 diantara-nya memproduksi minuman sari buah apel. Adanya persaingan yang ketat tersebut, para industri pengolah minuman sari buah apel harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi pesaing. Berkembangnya industri minuman sari buah apel di kota Batu membuat banyak merek-merek baru beredar di pasar, sehingga perlu diketahui posisi produk untuk menun-jang penentuan strategi pemasaran yang tepat. Persepsi konsumen terhadap merek-merek minuman sari buah apel juga akan sangat membantu dalam penentuan posisi produk di benak konsumen yang digambarkan dalam peta persepsi. Penelitian ini menggunakan metode analisis faktor dan analisis Multidimensional Scaling (MDS). Analisis faktor dapat membantu menyederhanakan sejumlah variabel yang dibutuhkan dalam analisa MDS. Perencanaan strategi pemasaran dilakukan berdasarkan peta posisi produk yang diperoleh dari analisis MDS. Berdasarkan hasil analisis faktor, nilai KMO (Kaiser Meyer Olkin) dan bobot faktor untuk setiap atribut berada di atas 0,5. Hal ini berarti bahwa semua atribut dapat dimasukkan ke dalam analisis selanjutnya. Berdasarkan analisis MDS, dapat diketahui atribut yang masuk kedalam variabel product adalah rasa dan nilai gizi. Varibel price memiliki atribut kesesuaian harga dengan produk dan selisih harga. Variabel place memiliki atribut pelaynan memuaskan dan lokasi strategis. Variabel promotion memiliki atribut promosi word of mouth dan promosi di media elektronik. Posisi persaingan keempat minuman sari buah apel dipimpin oleh merek Siiplah pada variabel product, place, promotion, dan merek Flamboyan pada variabel price.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/335/051205587
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Jan 2013 09:29
Last Modified: 21 Oct 2021 06:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149098
[thumbnail of Jurnal.pdf]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item