Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Metode Structural Equation Modeling, Studi Kasus pada Koperasi Agro Niaga Jabung, Malang.

Delliami, Ernita (2012) Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Metode Structural Equation Modeling, Studi Kasus pada Koperasi Agro Niaga Jabung, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu kunci penting memotivasi karyawan adalah menghindari tindakan-tindakan yang membunuh motivasi karyawan. Budaya organisasi dan motivasi karyawan selain berpengaruh terhadap kinerja organisasi, juga berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Meningkatnya kinerja karyawan bisa disebabkan oleh pengaruh dari motivasi, budaya organisasi, dan kepuasan kerja. Setiap perusahaan akan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja karyawan dengan harapan apa yang menjadi tujuan perusahaan akan tercapai. Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Malang, merupakan koperasi pemerasan susu sapi sekaligus sebagai koperasi simpan pinjam. Penelitian ini hanya dilakukan pada karyawan tetap KAN Jabung. Metode yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) melalui tujuh tahap yaitu Pengembangan Model berdasarkan Teori, Penyusunan Diagram Jalur, Konversi Diagram Jalur ke dalam Persamaan, Memilih Matrik Input dan estimasi Model yang Diusulkan, Menilai Kemungkinan Munculnya Problem Identifikasi, Evaluasi kriteria Goodness of Fit, dan tahap terakhir Interpretasi dan Modifikasi Model. Berdasarkan hasil analisa data yang dilakukan yaitu pengaruh motivasi, budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dengan metode SEM, semua data yang diolah menunjukan valid dan reliabel dan ada pengaruh antara variabel motivasi, budaya organisasi, kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Motivasi terhadap kinerja karyawan memiliki pengaruh sebesar 0,66. Motivasi terhadap kepuasan kerja memiliki pengaruh sebesar 0,30. Budaya Organisasi terhadap kepuasan kerja memiliki pengaruh sebesar 0,51. Budaya Organisasi terhadap kinerja karyawan memiliki pengaruh sebesar 0,23. Kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan memiliki pengaruh sebesar 0,31. Pada penelitian didapatkan nilai X2-Chi Square, CMIND/DF, GFI, CFI, dan RMSEA masing-masing adalah 95,438; 1,131; 0,848; 0,955; dan 0,036. Semua nilai X2-Chi Square, CMIND/DF, CFI, dan RMSEA menunjukkan good fit, kecuali yaitu GFI menunjukkan marginal fit karena tidak memenuhi ketentuan minimum yaitu ≥ 0,9.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/333/051204628
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 18 Dec 2012 09:45
Last Modified: 21 Oct 2021 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149096
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan+jurnal.pdf]
Preview
Text
Ringkasan+jurnal.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item