Pembuatan Pakan Konsentrat Berbasis Limbah Filtrasi Pengolahan Maltodekstrin (Kajian Prosentase Penambahan Ampas Tahu Dan Pollard)

Nadhifah, Aynun (2012) Pembuatan Pakan Konsentrat Berbasis Limbah Filtrasi Pengolahan Maltodekstrin (Kajian Prosentase Penambahan Ampas Tahu Dan Pollard). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Sorini Agro Asia Corporindo Tbk (PT SAAC) merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi maltodekstrin. Maltodekstrin merupakan produk hidrolisis pati yang mengandung unit α-D-glukosa. Salah satu limbah yang dihasilkan oleh PT SAAC adalah limbah hasil proses filtrasi. Pemanfaatan limbah hasil proses filtrasi pengolahan maltodekstrin tersebut dapat dimanfaatka untuk campuran pakan ternak yang sangat menguntungkan. Hal ini karena limbah hasil proses filtrasi pengolahan maltodekstrin mengandung maltodekstrin yang memberikan rasa manis sehingga disukai oleh hewan ternak. Penambahan ampas tahu dan pollard pada limbah pengolahan maltodekstrin diharapkan dapat meningkatkan nilai nutrisi pakan ternak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kombinasi perlakuan terbaik antara ampas tahu dan pollard dengan limbah filtrasi 1 sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan hewan ternak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan menggunakan dua faktor dan dua ulangan sehingga diperoleh 18 satuan percobaan. Faktor pertama dalam penelitian ini yaitu persentase ampas tahu (A) yang terdiri dari 3 level (20%, 25%, 30%) terhadap pakan dan faktor kedua yaitu persentase pollard (P) yang terdiri dari 3 level (25%, 30%, 35%) terhadap pakan. Data hasil pengamatan pengujian kimia dianalisis dengan menggunakan analisis ragam (Analysis of Varian atau ANNOVA), apabila dari analisis ragam antar perlakuan terdapat beda nyata maka dilanjutkan dengan BNT (Beda Nyata Terkecil) dengan selang kepercayaan (α= 0,05). Pemilihan perlakuan terbaik ini menggunakan metode multiple atribut dengan atributnya yaitu PBB, PER, Protein Kasar dan Kadar Abu, sehingga pada perlakuan terbaik diperoleh rerata kadar air 7,07%, rerata kadar abu 10,45%, rerata PK 23,51%, rerata PER 0,40 % dan rerata PBB 52,50 gram. Harga pokok produk pada perlakuan terbaik yaitu Rp 12.455,30 / 5 kg pakan ternak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/307/051204602
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 18 Dec 2012 14:07
Last Modified: 21 Oct 2021 05:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149062
[thumbnail of PEMBUATAN_PAKAN_KONSENTRAT_BERBASIS_LIMBAH_FILTRASI_PENG_(1).pdf]
Preview
Text
PEMBUATAN_PAKAN_KONSENTRAT_BERBASIS_LIMBAH_FILTRASI_PENG_(1).pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of PEMBUATAN_PAKAN_KONSENTRAT_BERBASIS_LIMBAH_FILTRASI_PENGOLAH.pdf]
Preview
Text
PEMBUATAN_PAKAN_KONSENTRAT_BERBASIS_LIMBAH_FILTRASI_PENGOLAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item