Pengaruh Volume Penambahan Effective Microorganism 4 (Em4) 1% Dan Lama Fermentasi Terhadap Kualitas Pupuk Bokashi Dari Kotoran Kelinci Dan Limbah Nangka

KurniawanDaniel (2012) Pengaruh Volume Penambahan Effective Microorganism 4 (Em4) 1% Dan Lama Fermentasi Terhadap Kualitas Pupuk Bokashi Dari Kotoran Kelinci Dan Limbah Nangka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pupuk organik yang baik adalah pupuk yang mengutamakan kandungan C-organik sehingga dapat menghasilkan nilai C/N rasio yang rendah. Untuk pencapaian C/N rasio serta kandungan Nitrogen (N), Phospor (P) dan Kalium (K) yang sesuai standar dapat dilakukan dengan membuat pupuk organik melalui proses dekomposisi dengan bantuan energi yang berasal dari fermentasi mikroba yang disebut Effective Microorganism (EM-4). Pupuk organik dengan memanfaatkan EM4 sering disebut dengan pupuk Bokashi. Komposisi bahan-bahan organik pembuatan Bokashi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kotoran kelinci dan limbah industri keripik nangka berupa kulit dan jerami buah nangka. Dari uraian singkat di atas permasalah yang muncul dalam pembuatan pupuk Bokashi yang berkualitas adalah belum banyak diketahui berapa volume penambahan EM4 dan waktu fermentasi yang tepat untuk pembuatan pupuk Bokashi ini sehingga dapat menghasilkan pupuk organik yang memenuhi standar yaitu memiliki C/N rasio, N, P, K, dan kadar air sesuai SNI 19-7030-2004. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah menentukan kombinasi volume penambahan EM4 dan lama fermentasi yang tepat pada pembuatan pupuk Bokashi untuk mencapai kualitas kimia (C/N rasio,kadar air, N, P,dan K) terbaik sesuai SNI dan menentukan harga pokok produksi (HPP) pupuk Bokashi pada perlakuan terbaik. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok yang disusun secara faktorial dengan 2 faktor, faktor I yaitu volume penambahan EM 4 (25% v/b, 30% v/b, 35% v/b, 45% v/b) dan faktor II yaitu waktu fermentasi (7 hari dan 14hari). Perlakuan terbaik diperoleh pada perlakuan K4T1 yaitu pupuk Bokashi dengan penambahan volume EM4 40% yang difermentasi selama 7 hari. Harga pokok produksi dari pupuk Bokashi pada perlakuan terbaik tersebut adalah Rp.5.382 per 5 kg.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/292/051203843
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Oct 2012 09:08
Last Modified: 21 Oct 2021 05:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149049
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item