Analisis Pengaruh Komponen Teknologi Terhadap Perkembangan Sentra Industri Dengan Metode Partial Least Square (Pls) (Studi Kasus Di Sentra Industri Kerupuk Rambak Desa Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupa

Nurmasari, DessyEva (2012) Analisis Pengaruh Komponen Teknologi Terhadap Perkembangan Sentra Industri Dengan Metode Partial Least Square (Pls) (Studi Kasus Di Sentra Industri Kerupuk Rambak Desa Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki peran penting dalam pembangunan dan perekonomian negara, sehingga diperlukan pembinaan terhadap sentra industri tersebut agar mampu berkembang dan memiliki daya saing. Bentuk pembinaan tersebut dilakukan melalui pendekatan komponen teknologi pada UKM dalam sentra industri, yakni technoware (fasilitas), humanware (sumber daya manusia) infoware (informasi), dan orgaware (kerangka kerja). Pengelolaan dilakukan sebagai upaya dalam pengembangan sentra industri. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh komponen teknologi terhadap perkembangan sentra industri kerupuk rambak. Penelitian dilakukan dengan cara mengambil sampel UKM kerupuk rambak di sentra industri kerupuk rambak di Desa Bangsal. Jumlah responden dalam penelitian adalah 55 responden. Analisa data menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software smartPLS versi 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa technoware, humanware, infoware, dan orgaware berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sentra industri kerupuk rambak. Berdasarkan nilai koefisien inner weight keempat variabel memiliki hubungan yang positif. Orgaware merupakan variabel yang memiliki pengaruh terbesar terhadap perkembangan sentra industri dengan nilai 0,737.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/264/051203814
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Oct 2012 09:13
Last Modified: 21 Oct 2021 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149019
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item