Pengaruh Konsentrasi Pati Jahe Emprit (Zingiber Officinale Var. Rubrum) Dan Asam Stearat Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia, Dan Organoleptik Edible Film

NasaputraMeganAstari (2012) Pengaruh Konsentrasi Pati Jahe Emprit (Zingiber Officinale Var. Rubrum) Dan Asam Stearat Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia, Dan Organoleptik Edible Film. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu jenis kemasan yang bersifat biodegradable dan ramah lingkungan adalah edible film. Edible film merupakan suatu kemasan primer berbentuk seperti lembaran atau lapisan tipis yang berfungsi untuk mengemas dan melindungi pangan, serta dapat langsung dimakan berama produk yang dikemas. Untuk menghasilkan edible film dengan karakteristik yang baik dapat dilakukan dengan mengkombinasi kelebihan antara komponen hidrokoloid (pati) dan lipida serta dapat mengurangi kelemahan dari masing-masing komponen tersebut. Pati jahe emprit merupakan hasil samping dari pengolahan jahe instan dan berpotensi sebagai bahan baku pembuatan edible film karena tingginya kandungan amilosa. Untuk menutupi kelemahan edible film hidrokoloid yang kurang efisien sebagai penahan uap air, maka ditambahkan komponen lipida. Komponen lipida yang dapat ditambahkan pada pembuatan edible film misalnya golongan asam lemak, seperti asam stearat. Tujuan penelitian ini adalah menentukan konsentrasi bahan pembuatan edible film dengan berbahan dasar pati jahe emprit dan asam stearat dan mengetahui pengaruh konsentrasi pati jahe emprit serta asam stearat terhadap karakteristik edible film. Penelitian ini disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor. Faktor I adalah konsentrasi pati jahe emprit (b/vtotal) (1%, 1,5%, 2%). Faktor II adalah konsentrasi asam stearat (b/bpati) (10%, 20%, 30%) dengan 3 kali ulangan. Data dianalisa dengan ANOVA kemudian dilanjutkan dengan uji BNT dan DMRT taraf 5%. Uji organoleptik dilakukan dengan hedonic scale scoring dan pemilihan perlakuan terbaik dengan metode Multiple Attribute. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi pati jahe emprit dan asam stearat berpengaruh nyata (α=0,05) terhadap karakteristik edible film seperti kadar air, kadar pati, kadar lemak, ketebalan, transmisi uap air, tensile strength, elongasi, kelarutan film, kecerahan, dan kekuningan edible film. Interaksi antara kedua perlakuan tersebut berpengaruh nyata (α=0,05) terhadap karakteristik organoleptik edible film meliputi kecerahan dan tekstur. Perlakuan terbaik edible film diperoleh pada kombinasi perlakuan konsentrasi pati jahe emprit 2% (b/vtotal) dan konsentrasi asam stearat 10 % (b/bpati) yang memiliki kadar air 12,72%, kadar pati 70,309%, kadar lemak 1,172%, ketebalan 0,095mm, transmisi uap air 9,29 g/m2.24jam, tensile strength 1,722 N/cm2, elongasi 8,337%, kelarutan film 16,531%, kecerahan (L) 66,956, kemerahan (a*) 19,122, kekuningan (b*) 3,756, serta nilai organoleptik rasa 4,2 (netral), aroma 4,65 (netral sekali), kecerahan 4,8 (cerah sekali), dan tekstur 4,4 (halus).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/261/051203811
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Oct 2012 15:13
Last Modified: 21 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149016
[thumbnail of Skripsi_Lengkap.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Lengkap.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item