Efek Antihipertensi Tablet Effervescent Herbal Cincau Hitam (Mesona palustris Bl.) Secara Invivo pada Tikus Putih (Rattus norvegicus)

Setyorini, Anugrah (2012) Efek Antihipertensi Tablet Effervescent Herbal Cincau Hitam (Mesona palustris Bl.) Secara Invivo pada Tikus Putih (Rattus norvegicus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis dimana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis dalam jangka waktu lama. Hipertensi dapat terjadi jika diameter arteri ( pembuluh nadi ) berkurang atau volume darah yang melalui arteri meningkat. Herbal Mesona palustris Bl. yang biasa disebut cincau hitam atau janggelan ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darh tinggi. Kandungan antioksidan dan senyawa fenol yang terdapat pada cincau hitam inilah yang diyakini bisa menurunkan tekanan darah. Pada penelitian ini, herbal cincau hitam dikemas dalam bentuk tablet effervescent. Effervescent dipilih karena bentuknya yang praktis, rasa yang enak, dan tidak menyerupai obat. Penelitian ini bertujuan membuktikan efek antihipertensi dari effervescent cincau hitam serta mengetahui dosis yang tepat pada penurunan tekanan darah yang diuji secara invivo.Tikus dibagi menjadi 6 kelompok dan terdapat 5 perlakuan dengan pengulangan tiga kali setiap perlakuan. Kelompok 1 yaitu kelompok kontrol. Kelompok 2 dengan perlakuan pemberian kaptopril 2,5 mg/kgBB. Kelompok 3 dengan perlakuan pemberian effervescent dosis 65 mg/kgBB. Kelompok 4 dengan perlakuan pemberian effervescent dosis 75 mg/kgBB, dan kelompok 5 yaitu kelompok dengan perlakuan pemberian effervescent dosis 86 mg/kgBB. Dan kelompok 6 merupakan kelompok kontrol hipertensi. Data hasil pengamatan dianalisa secara statistik dengan Analysis of Variant ( ANOVA ) dua arah. Apabila dari uji penelitian tahap pertama terdapat perbedaan, maka dilanjutkan dengan uji BNT, dan kebermaknaan akan diambil pada selang kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian, pemberian captopril menunjukkan hasil penurunan darah yang lebih baik daripada pemberian effervescent cncau hitam. Namun, semakin tinggi pemberian dosis effervescent, maka penurunan tekanan darah juga lebih baik. Nilai IC50 dari ekstrak air cincau hitam adalah 55,2 ppm. Sedangkan nilai aktivitas antioksidan dari effervescent yaitu 55,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/244/051203794
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Oct 2012 15:41
Last Modified: 21 Oct 2021 03:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148999
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item