Perancangan Dan Pembuatan Sistem Pengaturan Pencahayaan Berbasis Mikrokontroler Atmega 16 Pada Budidaya Bunga Krisan (Chrysanthemum Sp) Di Dalam Greenhouse

Fatchurrahman, Danial (2012) Perancangan Dan Pembuatan Sistem Pengaturan Pencahayaan Berbasis Mikrokontroler Atmega 16 Pada Budidaya Bunga Krisan (Chrysanthemum Sp) Di Dalam Greenhouse. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk membuat sistem pengaturan pencahayaan otomatis berbasis mikrokontroler Atmega 16 pada budidaya bunga krisan (chrysanthemum sp). Adapun proses dari penelitian ini adalah melakukan rancang bangun greenhouse berstandar SNI 7604:2010 untuk bunga krisan (Chrysanthemum sp), melakukan rancang dan bangun sistem pengaturan pencahayaan berbasis mikrokontroler pada budidaya bunga krisan Chrysanthemum sp, dan melakukan pengujian dengan menggunakan greenhouse berukuran luas selama 5 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, alat Pengontrol cahaya yang dibuat dengan kontrol yang diberikan yakni mikrokontroler Atmega 16 sebagai processor pengendali dan sensor-sensor berupa sensor photo dioda yang diberikan dapat berjalan dengan baik, pengujian sistem di dalam greenhouse dengan membandingkan intensitas cahaya di dalam greenhouse dan di luar greenhouse selama 5 hari untuk mengontrol pencahayaan yang dibutuhkan bunga krisan terbukti bahwa alat pengontrol pencahayaan dapat mengatur kondisi pencahayaan sesuai batas tumbuh optimal bunga krisan yaitu pada intensitas cahaya 20.000 Lux sampai dengan 42.000 Lux. Pada pengujian statistik paired t test harga t hitung adalah 2,94 dibanding dengan t tabel sehingga = 1,699, sehingga 2,94 > 1,699 (t hitung > t tabel), yang artinya ada beda secara signifikan antara intensitas cahaya di dalam greenhouse dengan intensitas cahaya lingkungan. Atau dengan kata lain pemberian mikrokontroler pengaturan pencahayaan di dalam greenhouse efektif untuk mengondisikan pencahayaan yang sesuai untuk bunga krisan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/20/051200146
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Sep 2012 09:47
Last Modified: 21 Oct 2021 03:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148954
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP._pdf.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LENGKAP._pdf.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item