Analisis Usaha Proses Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dengan Pendekatan Cost And Benefit Ratio Guna Menunjang Kebersihan Lingkungan Kelurahan Sidokare Indah RT43, Sidoarjo Dengan Menerapkan Metode 4 R

KurniawatiDewiAyu (2012) Analisis Usaha Proses Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dengan Pendekatan Cost And Benefit Ratio Guna Menunjang Kebersihan Lingkungan Kelurahan Sidokare Indah RT43, Sidoarjo Dengan Menerapkan Metode 4 R. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sampah (refuse) adalah sebagian dari sesuatu yang tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang harus dibuang, yang umumnya berasal dari kegiatan yang dilakukan oleh manusia (termasuk kegiatan industri), dan umumnya bersifat padat. Pengelolaan sampah dirasakan memberikan dampak positif kepada lingkungan, terutama dalam memanfaatkan produk sampingan dari sampah agar tidak mengakibatkan penumpakan di tempat pembuangan akhir. Penelitian ini bertujuan mengetahui manfaat yang diberikan dan biaya yang dikeluarkan dalam proses pengelolaan sampah rumah tangga serta Menerapkan Metode 4 R (Reduce, Reuse, Recycle, Responbility). Penelitian dilakukan di Kelurahan Sidokare Indah, Kecamatan Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2012- selesai. Analisis data untuk proses pengelolaan sampah menggunakan Analisis net present value, internal rate of return, profitability index. Karena dengan menggunakan analisis data NPV, IRR, dan PI merupakan langkah yang didasarkan pada data yang terkumpul dan dapat menggambarkan proyeksi pendapatan yang akan menjawab apakah rencana proyek tersebut menguntungkan pada tingkat produksi yang telah direncanakan, kemungkinan-kemungkinan untuk perluasan dikemudian hari serta pembagian keuntungan. Berdasarkan hasil penelitian, pengelolaan sampah rumah tangga dapat diterapkan di semua kelurahan dengan penangan sampah menggunakan metode 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Responbility) yang berarti mengurangi, menggunakan ulang, memodifikasi serta adanya tanggung jawab dari masyarakat dalam proses pengelolaan sampah. Dari hasil observasi di ketahui timbunan sampah di Sidokare adalah smapah organik 61,5%, plastik 13%, kertas 18% dan kaca/logam 7,5%. Sedangkan hasil analisis dari proses pengelolaan sampah rumah tangga yaitu dapat dibuktikan mengunakan metode NPV hasilnya positif 15.134.916, IRR sebesar 52,08% serta PI hasilnya 2,80. Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa prospek pengelolaan sampah dapat dilakukan dan diterapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/196/051203746
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Oct 2012 11:00
Last Modified: 21 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148949
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of hal_39.pdf]
Preview
Text
hal_39.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Hal_5.pdf]
Preview
Text
Hal_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Hal_1.pdf]
Preview
Text
Hal_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_fix.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_fix.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kesimpulan_n_saran_hal_67.pdf]
Preview
Text
Kesimpulan_n_saran_hal_67.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_Lembar_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
2_Lembar_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan.pdf]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item