Pengaruh Konsentrasi Teh Hijau Kering (Camellia Sinensis) Terhadap Sifat Kimia Dan Organoleptik Bungkil Kacang Tanah Goreng Selama Penyimpanan

Firmanto, EricDwi (2012) Pengaruh Konsentrasi Teh Hijau Kering (Camellia Sinensis) Terhadap Sifat Kimia Dan Organoleptik Bungkil Kacang Tanah Goreng Selama Penyimpanan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kacang tanah (Arachis hypogaea) merupakan tanaman polong-polongan yang membentuk buah di dalam tanah. Sebagian masyarakat mengenal bahwa kacang tanah memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi sebesar 44% sehingga jika mengkonsumsi berlebihan akan mempengaruhi kesehatan. Salah satu metode pengurangan lemak menggunakan pengolahan mekanik akan menghasilkan kacang tanah rendah lemak yang mempunyai kandungan lemak rendah dan protein yang tinggi. Penambahan antioksidan dari teh hijau kering akan memperpanjang umur simpan dari produk kacang selama penyimpanan berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi teh hijau kering (Camellia sinensis) terhadap Sifat Kimia dan Organoleptik bungkil kacang tanah goreng selama penyimpanan. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang disusun secara non faktorial dengan satu faktor yaitu tingkat penambahan konsentrasi teh hijau kering (0%, 0,25%, 0,5%, 0,75%, 1% dan 1,25%) yang masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali dan dilakukan pengamatan pada penyimpanan 0 hari, 15 hari, 30 hari, 45 hari dan 60 hari. Konsentrasi penambahan teh berpengaruh nyata terhadap kadar lemak, kadar protein, asam lemak bebas, bilangan peroksida, aktivitas antioksidan dan organoleptik. Penambahan Konsentrasi Teh hijau Kering sebanyak 1,25% merupakan tingkat yang paling optimal dalam menghambat ketengikan bungkil kacang tanah goreng yang disimpan sampai 45 hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/18/051200144
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Sep 2012 08:40
Last Modified: 21 Oct 2021 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148934
[thumbnail of SKRIPSI.docx.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.docx.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item