Produksi Nisin oleh Lactococcus lactis ATCC 11454 Terimobilisasi dengan Medium Fermentasi Sari Kacang Hijau (Kajian Komposisi Medium dan Penambahan Nisin)

Rahmawati, LimbangNuarita (2012) Produksi Nisin oleh Lactococcus lactis ATCC 11454 Terimobilisasi dengan Medium Fermentasi Sari Kacang Hijau (Kajian Komposisi Medium dan Penambahan Nisin). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Nisin merupakan satu-satunya bakteriosin yang memiliki mendapat status GRAS untuk digunakan sebagai biopreservatif dalam produk pangan. Bakteriosin yang diproduksi oleh Lactococcus lactis ini stabil terhadap suhu tinggi dan lingkungan asam sehingga telah banyak diaplikasikan di berbagai negara. Permasalahan yang timbul dalam produksi nisin adalah tingginya harga produksi akibat penggunaan medium sintetik. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah pemanfaatan sari kacang hijau sebagai medium fermentasi untuk produksi nisin. Sebagai upaya untuk meningkatkan konsentrasi nisin yang diproduksi selama fermentasi maka penggunaan medium sari kacang hijau ini dikombinasikan dengan penambahan nisin sebagai penginduksi dan penggunaan Lactococcus lactis ATCC 11454 terimobilisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan komposisi sari kacang hijau terkait penggunaannya sebagai medium fermentasi dan jumlah penambahan nisin dalam medium untuk dapat meningkatkan produksi nisin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fermentasi menggunakan medium sari kacang hijau dengan komposisi kacang hijau : air sebanyak 1 : 10 dengan penambahan 1,5 x 10-4 μg/ml nisin diproduksi nisin yang paling tinggi yaitu 600 IU/ml.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/16/051200142
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Sep 2012 08:32
Last Modified: 21 Oct 2021 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148916
[thumbnail of SKRIPSI_pdf.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_pdf.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item