Pengaruh Penambahan Konsentrat Protein Daun Kelor (Moringa oleifera) dan Ekstrak Daun Cincau Hijau (Premna oblongifolia Merr) Terhadap Sifat Fisik Kimia Serta Organoleptik Mie Instan

Rosalini, Vega (2012) Pengaruh Penambahan Konsentrat Protein Daun Kelor (Moringa oleifera) dan Ekstrak Daun Cincau Hijau (Premna oblongifolia Merr) Terhadap Sifat Fisik Kimia Serta Organoleptik Mie Instan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsentrat protein daun kelor dapat digunakan untuk meningkatkan kadar protein mie instan. Namun penambahan konsentrat protein daun kelor pada mie instan akan menyebabkan mutu mie turun. Untuk mengatasi permasalahan tersebutperlu dilakukan penambahan ekstrak daun cincau yang memiliki kadar pektin yang cukup tinggi. Penelitian ini disusun menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 faktor. Faktor 1 penambahan konsentrat protein daun kelor (5%,10%,15%). Faktor 2 penambahan ekstrak daun cincau (5%,10%,15%) masing-masing mengalami 3kali ulangan. Data dianalisa dengan ANOVA (=0,05).Uji lanjut menggunakan BNT dan DMRT taraf 5%. Uji organoleptik dilakukan dengan hedonic scale scoring dan pemilihan perlakuan terbaik dengan indeks efektifitas de Garmo. Berdasarkan hasil penelitian, penambahan konsentrat protein daun kelor dan ekstrak daun cincau berpengaruh terhadap kualitas fisik, kimia dan organoleptik mie instan. Mie instan perlakuan terbaik dari segi organoleptik adalah penambahan konsentrat protein daun kelor 10% dan ekstrak daun cincau 15%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/153/051202129
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Sep 2012 11:33
Last Modified: 21 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148909
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_pdf.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LENGKAP_pdf.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item