Analisis Kepuasan Pelanggan Produk Nucleotide Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus di PT. Cheil Jedang Indonesia (CJI) Jombang)

Djayanti, ChristinaDwi (2012) Analisis Kepuasan Pelanggan Produk Nucleotide Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus di PT. Cheil Jedang Indonesia (CJI) Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk Nucleotide yang diproduksi oleh PT. CJI Jombang terdapat 3 (tiga) macam, Nucleotide merupakan sejenis penyedap rasa yang dihasilkan dari metabolisme bakteri. Selama ini perusahaan melakukan pengukuran kepuasan pelanggan terhadap pelanggan lokal dan CJ Group saja, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument. Oleh sebab itu diperlukan suatu metode yang sesuai untuk dapat mendukung perhitungan pengukuran kepuasan pelanggan yaitu Quality Function Deployment (QFD). Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk melakukan analisis tingkat kepuasan pelanggan serta untuk mengetahui solusi yang ditawarkan perusahaan yaitu ciri-ciri teknikal, teknologi yang diterapkan dan proses pemanufakturan berdasarkan urutan prioritas. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan kepuasan pelanggan terhadap produk I&G yang dihasilkan PT. CJI Jombang menurut masing-masing pelanggan, baik lokal maupun internasional rata-rata memiliki nilai 4.08 (memuaskan). Sedangkan dilihat dari segi tiap-tiap atribut, nilai tertinggi adalah atribut jaminan halal dengan nilai 4.60 (sangat memuaskan) dan atribut yang memiliki nilai terendah adalah atribut kecepatan dalam menangani keluhan pelanggan dengan nilai 3.73 (memuaskan). Ketiga solusi yang ditawarkan berdasarkan urutan prioritas adalah urutan prioritas tertinggi untuk ciri-ciri teknikal adalah keadaan mesin dengan nilai 17.036, teknologi yang diterapan urutan prioritas tertinggi terdapat pada penerapan sistem manajemen keamanan pangan ISO 22000 dengan nilai 24.118, dan untuk proses manufaktur urutan prioritas tertinggi yaitu penyusunan HACCP dengan nilai 18.149.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/112/051201472
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Oct 2012 14:50
Last Modified: 21 Oct 2021 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148868
[thumbnail of ISI_LAPORAN.pdf]
Preview
Text
ISI_LAPORAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item