Pembuatan pewarna bubuk alami dari daun janggelan kering (Mesona palustris BL) : Kajian Jenis Pelarut, Jenis Bahan Pengisi Dan Konsentrasinya

Gusti, KafisAndari (2012) Pembuatan pewarna bubuk alami dari daun janggelan kering (Mesona palustris BL) : Kajian Jenis Pelarut, Jenis Bahan Pengisi Dan Konsentrasinya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daun janggelan (Mesona palustris BL) adalah bahan baku pembuatan cincau hitam, yang memiliki kandungan yang cukup tinggi akan karbohidrat, polifenol, saponin, flavonoida, lemak dan beberapa komponen mineral. Daun janggelan ini juga dipastikan mengandung klorofil, zat yang memberi warna hijau pada daun. Klorofil adalah komponen berwarna hijau yang terdapat pada daun-daunan dan batang-batang yang berwarna hijau pada tanaman. Kadar dari senyawa-senyawa fungsional ini dapat diketahui salah satunya dengan cara ekstraksi.Proses ekstraksi didasarkan pada kepolaran zat yang akan diekstrak dengan komponen pengekstrak, dimana pelarut polar hanya akan melarutkan solute yang polar dan pelarut non polar akan melarutkan solute yang non polar atau disebut dengan like dissolve like. Zat warna alami yang diekstrak dari daun janggelan ini diolah dalam bentuk bubuk dengan alasan merupakan bentuk yang efisien dalam hal pemanfaatan dan penyimpanan untuk jangka panjang. Penggunaan bahan pengisi dapat meningkatkan berat produk, memudahkan kecerahan pewarna dalam air, dan melindungi warna dari faktor fisik dan kimia. Bahan pengisi yang berbeda jenis maupun jumlah dapat mempengaruhi pengikatan zat warna juga karakteristik dari bubuk akhir yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis pelarut yang berbeda terhadap karakteristik zat warna yang terekstrak dan terhadap stabilitas warna produk pewarna yang dihasilkan, serta mengetahui pengaruh jenis dan konsentrasi bahan pengisi yang berbeda terhadap karakteristik dan stabilitas warna produk pewarna yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Tersarang (Nested Design) dimana penggunaan jenis pelarut yang berbeda yaitu etanol, etil asetat, dan akuades merupakan faktor utama, sedangkan jenis bahan pengisi (dekstrin dan maltodekstrin) dan konsentrasinya (10% dan 30%) merupakan faktor tersarangnya. Data hasil pengamatan dianalisa dengan menggunakan ANNOVA dan jika menunjukkan beda nyata akan dilanjutkan dengan uji BNT (taraf 5%). Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa perbedaan pelarut organik yang digunakan memberikan pengaruh yang nyata pada setiap parameter fisik dan kimia yang dimiliki, sedangkan penggunaan bahan pengisi yang berbeda hanya berpengaruh nyata pada parameter nilai pH, kadar klorofil dan kadar fenol. Penggunaan konsentrasi yang berbeda juga memberikan pengaruh yang nyata terhadap parameter fisik maupun kimia pada bubuk pewarna. Perlakuan terbaik diperoleh pada kombinasi perlakuan dengan menggunakan pelarut etanol, dengan penambahan bahan pengisi maltodekstrin sebesar 30%. Nilai parameter fisik kimia dari perlakuan tersebut adalah : kadar air 3,16%, daya serap uap air 0,16%, kelarutan 68,26%, kecepatan larut 0,000887g/det, nilai pH 4,42, intensitas warna 31,53, kadar klorofil 9,16 mg/L, dan kadar fenol 0,05 mg/mg ekstrak.

English Abstract

Janggelan leaves (Mesona palustris BL) is the raw material for black grass jelly making, which contains a fairly high in carbohydrates, polyphenols, saponins, flavonoids, fatty and some mineral components. It also confirmed that it contains chlorophyll, a substance that gives green color to leaves. Chlorophyll is a green pigment found in the green leaves and stalks on the plant. Amounts of these functional compounds may be known by extraction. This process based on an extracted solute polar by extracting solvent, in which only polar solvents will dissolve the polar solutes and non-polar solvents will dissolves non-polar solutes or called like dissolve like. Natural pigments which extracted from this janggelan leaves processed in powder form because it is an efficient form in terms of utilization and storage in long term. Filler use can increase the product weights, facilitate dye brightness in the water, and protect the color from physical and chemical factors. Different type or amount for filler affects the dye binding and final powder characteristics. This study aims to determine the effect of different type of solvents on the extracted dye characteristics and the color stability of dye products, as well as determine the effect of different type and concentration fillers on the characteristics and stability of dye products. The research was carried out using nested design where the different type of solvents such as ethanol, ethyl acetate, and aquades are the major factor, while type of fillers (dextrin and maltodextrin) and its concentrations (10% and 30%) are the nested factor. Observation data were analyzed using ANNOVA and if it shows the real difference will be followed by LSD (5% level). Research was carried out to determine the effect of solvent type uses, filler material and its concentration to dye powder from dried janggelan leaves, and it suggests that difference in the organic solvents used is giving a marked influence on every physical and chemical parameters, while the use of different filler materials has significant affects only at pH values, chlorophyll and phenol amounts. Different concentrations also provide a marked influence on the physical and chemical parameters of dyes powder. The best treatment combination of the dye powder which used ethanol as extractor with the addition of maltodextrine 30%. The value of both physical and chemical parameters are water content of 3,16%, water absorption of 0,16%, solubility of 68,26%, solubility rate of 0,000887g/det, pH of 4,42, colour intensity of 31,53, chlorophyll content of 9,16 mg/L, and phenolic content of 0,05 mg/mg extract.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2011/262/051104584
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2011 10:26
Last Modified: 21 Oct 2021 15:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148716
[thumbnail of 051104584.pdf]
Preview
Text
051104584.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item