Pengembangan Industri Minuman Sari Buah Apel dengan Pendekatan Marketing Intelligence : Studi Kasus di Kota Batu Jawa Timur

TriAnti, FebrinaGrace (2011) Pengembangan Industri Minuman Sari Buah Apel dengan Pendekatan Marketing Intelligence : Studi Kasus di Kota Batu Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sentra produksi apel di Indonesia salah satunya berada di Kota Batu Jawa Timur. Apel tumbuh dengan baik dan berkembang hingga sekarang. Ketersediaan bahan baku buah apel di Kota Batu mendukung pengusaha untuk menciptakan produk berbahan dasar buah apel yaitu minuman sari buah apel. Terdapat 46 unit usaha yang didominasi oleh sektor usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memproduksi minuman sari buah apel. Marketing Intelligence adalah suatu set prosedur dan sumber-sumber yang digunakan para manajer perusahaan untuk mendapatkan informasi setiap harinya mengenai perkembangan yang terjadi dalam lingkungan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2011 dengan memberikan kuesioner kepada 10 panelis yang merupakan marketer atau pemasar industri minuman sari buah skala menengah (sesuai dengan data Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu tahun 2009) dan mempunyai tenaga kerja 20-99 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi pemasaran suatu industri dan mengetahui sumber informasi, jenis informasi dan pengelompokkan jenis informasi dari Intelijen Pemasaran (Marketing Intelligence) yang dapat digunakan untuk pengembangan industri minuman sari buah apel. Hasil penelitian didapatkan sumber marketing intelligence yang paling penting dan selalu digunakan oleh tim pemasar minuman sari buah apel skala menengah adalah berbicara dengan konsumen sedangkan jenis informasi kekuatan dan kelemahan pesaing, cashflow, dan pertumbuhan riil perusahaan adalah jenis informasi yang paling penting. Hasil pengelompokkan variabel jenis informasi dengan menggunakan analisa faktor setelah direduksi yaitu terdiri dari faktor industri, faktor SWOT, faktor ekonomi dan faktor pesaing minuman sari buah apel. Pengembangan industri minuman sari buah apel dengan pendekatan marketing intelligence dapat dilakukan dengan pengembangan cara berkomunikasi dengan konsumen, pengembangan sektor riil perusahaan, pengembangan melakukan analisa kekuatan dan kelemahan pesaing, dan pengembangan pengolahan aliran dana industri. Pengembangan industri minuman sari buah apel dapat dilakukan secara terkoordinasi dan terintregasi melalui monitoring serta kerjasama pemerintah, stakeholder, dan pengusaha industri minuman sari buah apel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2011/255/051104565
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2012 10:47
Last Modified: 21 Oct 2021 15:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148709
[thumbnail of 051104565.pdf]
Preview
Text
051104565.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item