MaryamShahab (2010) Penyusunan Strategi Pemasaran Pati Ganyong : studi kasus di Unit Usaha X, Desa Tawangsari, Pujon. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Unit Usaha X merupakan produsen pati ganyong di Desa Tawangsari-Pujon, dengan kapasitas produksi 50 ton per tahun. Selama ini pemasaran pati ganyong masih terbatas sehingga diperlukan penyusunan strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran pati ganyong serta untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat diterapkan di Unit Usaha X. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner kepada 4 responden (pihak internal Unit Usaha X, tengkulak, pedagang dan konsumen). Analisis data menggunakan konsep Fred R. David yaitu: 1)The Input Stage:Matriks EFE, Matriks IFE, 2)The Matching Stage:Matriks SWOT, Matriks IE, dan 3)The Decision Stage:Matriks QSP. Berdasarkan analisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada Unit Usaha X berdasarkan prioritasnya adalah strategi penetrasi pasar (melakukan kegiatan promosi secara intensif dan efektif serta menstabilkan harga pati ganyong di pasar), strategi pengembangan pasar (memperluas jangkauan distribusi ke daerah potensi pasar) dan strategi pengembangan produk (membuat kemasan produk yang menarik).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2010/7/051000157 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 17 Feb 2010 09:36 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148539 |
Text
051000157.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |