Pengaruh Konsentrasi Ragi Roti dan Kondisi Fermentasi Alkohol terhadap Produksi Alkohol pada Fermentasi Cuka Salak (Salacca zalacca)

IsmiUmmuMuslimah (2010) Pengaruh Konsentrasi Ragi Roti dan Kondisi Fermentasi Alkohol terhadap Produksi Alkohol pada Fermentasi Cuka Salak (Salacca zalacca). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cuka adalah suatu cairan asam asetat yang dibuat melalui fermentasi alkohol yang diikuti fermentasi asam asetat. Pada tahap pertama gula diubah menjadi alkohol oleh khamir (Saccharomyces cereviceae), pada tahap kedua, bakteri Acetobacter akan mengoksidasi alkohol menjadi asam asetat. Pembuatan cuka salak merupakan salah satu alternatif pengolahan buah salak menjadi produk pangan. Cuka memiliki daya simpan yang lama dan bermanfaat bagi kesehatan disebabkan kandungan asam asetatnya yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pembentuk spora penyebab keracunan makanan dan mencegah pertumbuhan kapang penghasil mikotoksin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi ragi roti dan kondisi fermentasi alkohol agar dapat menghasilkan kadar alkohol yang tinggi. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan 2 faktor yaitu konsentrasi ragi (0,2%; 0,5%; 0,8% b/v) dan kondisi fermentasi alkohol dengan 3 ulangan. Data hasil pengamatan dianalisa dengan menggunakan ANOVA dilanjutkan uji BNT (Beda Nyata Terkecil) 5% bila interaksi antar perlakuan tidak berbeda nyata atau DMRT (Duncan Multiple Range Test) jika interaksinya berbeda nyata. Perlakuan terbaik dipilih dengan metode Indeks Efektivitas De Garmo. Parameter yang diamati adalah total asam, pH, total gula, total padatan terlarut, dan kadar alkohol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi perbandingan kondisi fermentasi alkohol dan konsentrasi ragi roti memberikan pengaruh yang nyata terhadap kadar alkohol dan memberikan pengaruh tidak nyata terhadap total asam, pH, kadar alkohol, total gula, total padatan terlarut cuka salak. Hasil kombinasi perlakuan terbaik yaitu kondisi fermentasi alkohol anaerob dengan konsentrasi ragi roti 0,2% dengan karakteristik total asam sebesar 5,18%, pH 2,73, total gula 0,53%, total padatan terlarut 3,47oBrix, dan kadar alkohol 1,667%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2010/68/051000999
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2010 10:57
Last Modified: 21 Oct 2021 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148538
[thumbnail of 051000999.pdf]
Preview
Text
051000999.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item