Pengaruh Persepsi Label Halal Pada Kemasan Biskuit Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : studi kasus di Kota Malang

SidikFathulQorib (2009) Pengaruh Persepsi Label Halal Pada Kemasan Biskuit Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : studi kasus di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Biskuit merupakan salah satu produk pangan multifungsi yang sudah cukup dikenal masyarakat Indonesia. Semakin banyaknya varian dan merek biskuit di pasar membuat persaingan untuk memperebutkan konsumen pun semakin tinggi. Fakta bahwa konsumen Indonesia mayoritas beragama Islam berpengaruh terhadap pola konsumsi mereka, terutama dalam hal kehalalan pangan, oleh karena itu dibuatlah label halal untuk memenuhi kebutuhan akan hal tersebut. Akan tetapi, keberadaan label halal, khususnya pada kemasan biskuit, tentunya dipersepsikan secara berbeda oleh tiap individu konsumen. Persepsi konsumen merupakan salah satu faktor internal konsumen yang mempengaruhinya dalam mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi konsumen mengenai pencantuman label halal pada kemasan biskuit dan mengetahui pengaruh persepsi tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian dilakukan pada bulan Nopember – Desember 2008 di wilayah Kota Malang yang meliputi 5 kecamatan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian survei dan explanatori. Responden yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 ibu-ibu yang pernah membeli biskuit. Variabel dalam penelitian ini adalah perhatian, pemahaman, dan ingatan (variabel bebas) serta keputusan pembelian (variabel tergantung). Analisis data yang dilakukan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara rata-rata persepsi konsumen terhadap label halal pada kemasan biskuit termasuk dalam skala yang kuat dengan persentase 75,98%. Berdasarkan uji F dapat diketahui bahwa F hitung < F tabel (2,154<2,71) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Perhatian, Pemahaman, dan Ingatan terhadap label halal secara simultan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian biskuit. Berdasarkan uji t, dari ketiga variabel bebas, hanya variabel Pemahaman yang secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian (t hitung>t tabel). Koefisien determinasi (R kuadrat) diperoleh sebesar 0,063 yang artinya 6,3% variasi perubahan Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel Perhatian, Pemahaman, dan Ingatan, sedangkan selebihnya (91,4%) diterangkan oleh variabel bebas di luar persamaan regresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/72/050901195
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Apr 2009 10:30
Last Modified: 21 Oct 2021 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148338
[thumbnail of 050901195.pdf]
Preview
Text
050901195.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item