Analisis Kepuasan Pelanggan Sari Apel Brosem Dengan Pendekatan Metode Fuzzy

AdityaBudiKrisnanto (2009) Analisis Kepuasan Pelanggan Sari Apel Brosem Dengan Pendekatan Metode Fuzzy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Koperasi Serba Usaha (KSU) Brosem merupakan salah satu produsen sari apel dengan merek Brosem. Penurunan keuntungan yang terjadi pada KSU Brosem di tahun 2008 dimungkinkan karena penurunan kinerja produk sehingga berpengaruh pada keputusan pembelian yang dilakukan konsumen. Kepuasan pelanggan merupakan pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah metode fuzzy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pelanggan sari apel Brosem dengan metode fuzzy. Sampel yang digunakan berjumlah 62 pelanggan sari apel Brosem. Variabel penelitian ini adalah kualitas produk, kualitas layanan, harga dan kepuasan pelanggan. Analisis data menggunakan metode Fuzzy Inferences dengan metode Mamdani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara rata-rata persepsi responden terhadap kepuasan pelanggan terhadap sari apel Brosem termasuk dalam skala kuat (74,7%). Berdasarkan hasil fuzzy dengan defuzzyfikasi Centroid didapat bahwa kualitas produk sari apel Brosem adalah baik (3,70), kualitas layanan juga baik (4,03) sedangkan harga murah (3,52). Output hasil fuzzy yang berupa kepuasan pelanggan bahwa pelanggan telah puas terhadap kinerja sari apel Brosem dengan nilai fuzzy 3,66.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/258/050903639
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2009 11:00
Last Modified: 21 Oct 2021 13:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148262
[thumbnail of 050903639.pdf]
Preview
Text
050903639.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item