Evaluasi Pemasok Ikan Kakap Merah Berdasarkan Vendor Performance Indicator (VPI) dengan Metode Analytic Hierarchy Process : studi kasus pada PT. Inti Luhur Fuja Abadi

EtykaDwiOktora (2009) Evaluasi Pemasok Ikan Kakap Merah Berdasarkan Vendor Performance Indicator (VPI) dengan Metode Analytic Hierarchy Process : studi kasus pada PT. Inti Luhur Fuja Abadi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Inti Luhur Fuja Abadi merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pembekuan ikan. Jenis ikan yang sedang diproduksi saat ini yaitu jenis ikan kakap merah dengan produksi rata-rata sebesar 3-5 ton per hari. Bahan baku ikan kakap merah berasal dari Probolinggo, Lamongan, Madura dan Pasuruan. Pemasok sebagai bagian yang bertanggungjawab terhadap penyuplaian bahan baku ke pabrik harus selektif dipilih oleh perusahaan. Permasalahan yang terjadi di perusahaan yaitu keterlambatan pengiriman bahan baku serta kualitas bahan baku yang sering di bawah standar kualitas. Selain itu pemasok juga kurang dapat merespon terhadap pemenuhan permintaan yang terjadi sewaktu-waktu. Oleh karena itu diperlukan evaluasi pemasok untuk mengetahui kinerja pemasok. Tujuan penelitian ini yaitu melakukan evaluasi kinerja pemasok ikan kakap merah berdasarkan VPI dengan metode AHP. Penelitian dilaksanakan di PT. Inti Luhur Fuja Abadi mulai bulan Mei 2009. Evaluasi kinerja dilakukan pada 6 Pemasok ikan kakap merah. Variabel penelitian terdiri dari kualitas, harga, pengiriman, dan kemampuan merespon sebagai kerangka dasar dalam penentuan 9 VPI. Hasil dari penelitian didapatkan nilai bobot kriteria utama adalah kualitas 68 %, harga 16 %, pengiriman 9 %, dan kemampuan merespon 7 %. Nilai bobot dari 9 VPI menunjukkan bahwa kesesuaian kualitas bahan baku secara organoleptik dengan standar kualitas perusahaan dan kemampuan memberikan pasokan ikan kakap merah dengan kualitas yang konsisten memperoleh bobot terbesar dengan nilai 34 %. VPI lain yaitu kesesuaian harga dari pemasok dengan standar harga perusahaan sebesar (13,44 %), Fluktuasi perubahan harga ikan kakap merah (2,56 %), ketepatan waktu kedatangan bahan baku (5,85%), fleksibilitas jadwal pengiriman (0,72 %), ketepatan jumlah pengiriman (2,43 %), respon dalam menanggapi komplain (5,88 %), dan respon dalam perubahan permintaan (1,12 %). Peringkat kinerja pemasok berdasarkan evaluasi kinerjanya berturut-turut adalah Pemasok A (25,08 %), Pemasok C (21,3 %), Pemasok E (17,43 %), Pemasok B (15,06 %), Pemasok D (11,01 %), dan Pemasok F (10,25 %).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/244/050903419
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2009 10:57
Last Modified: 21 Oct 2021 12:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148248
[thumbnail of 050903419.pdf]
Preview
Text
050903419.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item