Perencanaan Tempat Duduk Traktor Roda Empat yang Ergonomis dengan Pendekatan Antropometri

KhoirulAnam (2009) Perencanaan Tempat Duduk Traktor Roda Empat yang Ergonomis dengan Pendekatan Antropometri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ergonomi adalah suatu cabang ilmu sistematis untuk memanfaatkan informasi-informasi mengenai kemampuan dan keterbatasan manusia untuk merancang sistem kerja, sehingga manusia dapat hidup dan bekerja dalam sistem yang baik, efektif, aman dan nyaman. Tempat duduk merupakan faktor yang dominan dalam meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja bagi operator traktor roda empat, maka perlu di desain sesuai dengan dimensi tubuh manusia indonesia pada umumnya. Perencanaan tempat duduk traktor roda empat yang ergonomis bagi operator, perlu didasarkan pada pendekatan dan prinsip-prinsip ergonomi, sehingga dihasilkan suatu rancangan yang sesuai dengan yang diharapkan. Pendekatan yang dapat digunakan untuk merancang tempat duduk yang lebih ergonomis dilakukan dengan pendekatan antropometri. Dengan pendekatan antropometri ini dapat di peroleh rancangan tempat duduk yang lebih ergonomis dan yang disesuaikan dengan ukuran tubuh manusia, sehingga di peroleh dimensi tempat duduk yang sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan manusia pada posisi duduk. Tempat duduk saat ini kurang ergonomis karena tidak berdasarkan antropometri orang Indonesia. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan mengukur dimensi tubuh pada mahasiswa yang diteliti dengan umur antara 19 sampai 30 tahun sebanyak 100 mahasiswa dan semuanya adalah laki-laki yang meliputi: Data tinggi lipat lutut, data tinggi bahu pada posisi duduk, data lebar bahu, data lebar panggul, data jarak dari lipat lutut ke pantat, jarak dari panggul ke titik pusat lengkung tulang belakang, berat tubuh pada posisi duduk. Dari penelitian didapat hasil sebagai berikut: ketinggian alas duduk pada traktor saat ini adalah 35 cm, sedangkan ketinggian alas duduk yang diusulkan sebesar 39 cm. Panjang alas duduk pada traktor saat ini adalah 34 cm, sedangkan panjang alas duduk yang diusulkan sebesar 51 cm. Lebar alas duduk pada traktor saat ini adalah 34 cm, sedangkan lebar alas duduk yang diusulkan sebesar 41 cm. Tinggi sandaran belakang pada traktor saat ini adalah 27 cm, sedangkan tinggi sandaran belakang yang diusulkan sebesar 64 cm. Lebar sandaran belakang pada traktor saat ini adalah 40 cm, sedangkan lebar sandaran belakang yang diusulkan sebesar 50 cm. Lekukan pada sandaran belakang yang diusulkan sebesar 33 cm. Pembebanan yang dapat di tahan sebesar 53 Kg. Kemiringan alas duduk yang di usulkan adalah 60 . (Sanders, 2003). Kemiringan sandaran belakang yang di usulkan adalah 100 . (Sanders, 2003). Bahan yang diusulkan dalam pembuatan tempat duduk adalah besi/tembaga yang dilapisi dengan busa super pada permukaan alas duduk dan sandaran belakang.

English Abstract

Ergonomics is a branch of systematic science that uses several informations about human ability and restrictiveness to design the working system, so human can live and work in a good, effective, safe, and comfortable system. Seat is a dominant factor in increasing the healthy and safety for four-wheel tractor operator, so it is needed to be designed to suit the Indonesian people body’s dimension in general. The design of agronomical four-wheel tractor seat for operator should be based on ergonomic approach and Principal; thus, it results an expected design. The approach used to design a more agronomic seat is anthropometric approach. This approach enables us to get a more ergonomic seat design that suits human ability and restrictiveness related to sitting position. This study was done to measure the body’s dimension of 100 students at the age of 19 to 30 years old. The data collected from this sample were: genuflection height data, shoulder’s height to sitting position data, pelvis width data, the distance of genuflection to the base data, the distance of the curve central point of vertebrate, and the weight of body in sitting position. The result of this study shows that: the present height of tractor seat base is 35 cm, while the proposed height is 39 cm. The present length of seat base is 34 cm while the proposed length is 51 cm. The present width of the seat base is 34 cm while the proposed width is 41 cm. The present height of back of the seat is 27 cm while the proposed height is 64 cm. The present width of back of the seat is 40 cm while the proposed width is 50 cm. The proposed curved of the back is 33 cm. The load can be resisted is 53 kg. The proposed inclination of the seat base is 6° (Sanders, 2003). The proposed inclination of the back of the seat is 10° (Sanders, 2003). The material proposed in the seat production is steel/copper that is covered by super foam on the surface and the back of the seat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/190/050902497
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2009 09:45
Last Modified: 21 Oct 2021 07:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148189
[thumbnail of 050902497.pdf]
Preview
Text
050902497.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item