Perencanaan Strategi Pemasaran Olahan Mangga Podang Pada Kelompok Tani “Budidaya” di Kediri Dengan Menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

ItokApriliawan (2009) Perencanaan Strategi Pemasaran Olahan Mangga Podang Pada Kelompok Tani “Budidaya” di Kediri Dengan Menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mangga Podang (Mangifera indica L .), merupakan salah satu produk buah unggulan dari Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kelompok Tani "Budidaya" merupakan organisasi yang mengolah mangga Podang menjadi produk setengah jadi (puree ) dan produk jadi yaitu, keripik, dodol, jelly , dan sirup. Di dalam memasarkan produknya kelompok tani belum melakukan dengan maksimal, sehingga perlu dilakukan perencanaan strategi pemasaran lebih lanjut. Untuk melakukan perencanaan strategi pemasaran dapat dilakukan dengan menggunakan Quantitative Startegic Planning Matrix (QSPM) sebagai alat untuk menentukan strategi yang paling tepat dari berbagai macam strategi alternatif yang ada. Penentuan strategi menggunakan Metode QSPM memerlukan tiga tahap dalam pelaksanaannya. Tahap pertama disebut dengan Input Stage yang terdiri dari Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE). Tahap kedua disebut dengan Matching Stage , yang menggunakan analisi SWOT dan matriks Internal-External (IE) sebagai alat analisinya. Dan tahap ketiga disebut dengan Decission Stage yang menggunakan matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Matriks QSPM menggunakan input informasi tahap 1 dan matching result dari tahap 2 yang memberikan informasi untuk analisis pada QSPM di stage 3. QSPM merupakan alat untuk melakukan evaluasi pilihan strategi alternatif berdasarkan key succes factor internal-eksternal yang telah diidentifikasi sebelumnya dan bertujuan menentukan strategi berdasarkan kemenarikan relatif dari berbagai strategi-strategi pilihan. Berdasarkan penggunaan Matriks IE yang menggunakan Input dari Matriks IFE yang bernilai 2,48 dan EFE sebesar 2,32, dapat diketahui bahwa perusahaan terdapat pada sel ke-V. Apabila pada mattriks IE perusahaan berada pada sel ke_V sebaiknya perusahaan mengunakan strategi Intensif yang terdiri dari : strategi penetrasi pasar, pengembangan produk, dan pengembangan pasar. Pemilihan strategi-strategi ini dilakukan dengan penggunaan matriks QSPM. Setelah didapatkan Total Attractive Score (TAS) dari tiap-tiap strategi yang ada, strategi-strategi tersebut diprioritaskan berdasarkan jumlah Total Attractive Score . Strategi akan diimplementasikan berdasarkan alternatif-alternatif strategi pada matriks SWOT, alternatif-alternatif tersebut antara lain : Meningkatkan kualitas dodol mangga podang untuk memenuhi kebutuhan konsumen, Meningkatkan daya tarik produk melalui peningkatan kualitas dari kemasan, Menetapkan harga produk lebih rendah dari harga yang telah ditetapkan, Melakukan kegiatan promosi secara intensif dan efektif sehingga dapat meningkatkan penjualan produk, dan memperluas daerah distribusi di tempat tempat yang strategis.

English Abstract

Mango of Podang ( Mangifera Indica L.), representing the one of pre-eminent fruit product of Sub-Province of Kediri, East Java. Kelompok Tani "Budidaya" is the organitation which produces puree, chip, dodol, jelly, and syrup from mango podang. To sell their product, Kelompok Tani "Budidaya" is not yet done it maximally, so planning a strategy marketing is required. To planning a strategy marketing, it’s can use a Quantitative Startegic Planning Matrix (QSPM) to determine most precise strategy from assorted of existing alternative strategy. To determined a strategy uses a QSPM method it’s needed a three stages. The first stage is called the Input Stage which consist an Internal Factor Evaluation (IFE), and External Factor Evaluation (EFE). The second stage is called Matching Stage, which use a SWOT analysis and Internal-External (IE) matrix. And thelast stage is called Decission Stage, it’s used a Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). QSPM matrix is used an information from stage 1 and matching result from the stage 2 that gives an information to analize the strategy on QSPM at stage 3. QSPM is a tool to evaluated the choosen alternative strategy based from key succes factor internal-external which was indentified before, and the purpose is to determined the strategy based the atraective sore from the strategies which was choosen before. Based of the usage of IE matrix, that use an input from Matriks IFE which has 2,48 value and EFE is 2,32, it can shown if the company is listed on "V" cell. If on IE matrix the company is listed on "V" cell, the company is recommended to use intensive strategy where consist of : market penetration strategy, product development strategy, and market development strategy. This strategies is priorited by using a QSPM. After the Total Atractive Score was geted from each strategies, then the strategies is priorited based the Total Attractive Score (TAS). Then he strategies is implemented based on alternatives strategy from analysis SWOT, the alternatives is consist of : improving the dodol mangga podang quality to fulfill the consumer needed, improving the product package, establish the price of product with lower price, make a romotion activity as intensive and efektive, the last is to broading the distribution area in the strategic area.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/156/050902131
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Aug 2009 09:17
Last Modified: 21 Oct 2021 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148153
[thumbnail of 050902131.pdf]
Preview
Text
050902131.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item