Rancang Bangun Prototype Sistem Pakar Pengendalian Kualitas Pucuk Teh Pada Proses Produksi Teh Hitam CTC (Crushing, Tearing, dan Curling) : studi kasus di PTPN XII Kebun Kertowono Kab. Lumajang

BahroniRezaFani (2009) Rancang Bangun Prototype Sistem Pakar Pengendalian Kualitas Pucuk Teh Pada Proses Produksi Teh Hitam CTC (Crushing, Tearing, dan Curling) : studi kasus di PTPN XII Kebun Kertowono Kab. Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan ekspor teh Indonesia terus menurun selama hampir satu dekade terakhir, yaitu dari 123.900 ton pada tahun 1993 menjadi hanya 88.175 ton pada tahun 2003, atau rata-rata menurun sebesar 2,1 persen per tahun (ITC, 2004). Penurunan pangsa pasar, meningkatnya jumlah teh yang tidak terjual, dan relatif rendahnya harga teh Indonesia dapat disebabkan, antara lain, oleh penawaran mutu produksi teh Indonesia yang belum sesuai dengan selera pasar. Tinggi rendahnya mutu teh kering sangat ditentukan oleh kualitas pucuk dan penanganannya mulai dari pemetikan, penampungan, pewadahan, hingga pengangkutan ke pabrik. Sehingga untuk menjaga dan meningkatkan mutu dari teh yang dihasilkan, maka dibutuhkan suatu pengendalian kualitas pada pucuk teh (Suprihartini, 2005). Pengendalian kualitas pucuk teh dibutuhkan suatu analisa yang cepat, akurat dan konsisten sehingga dihasilkan hasil akhir produk yang sesuai dengan kualitas yang telah ditentukan. Keberadaan manusia sebagai tenaga ahli atau pakar mempunyai batasan-batasan yang akan membuat langkah-langkah yang diambil dalam menentukan kualitas dapat berubah-ubah. Perkembangan teknologi perangkat lunak komputer ( software ) yang dilengkapi dengan aplikasi teknik kecerdasan buatan ( artificial intelligence ) dapat membantu manusia untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Penelitian ini dilaksanakan di PTPN XII Kebun Kertowono pada bulan Februari – Maret 2009. Pengolahan data dilakukan di Laboratorium Komputasi dan Analisis sistem, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan prototyping . Tahapan dalam pengembangan sistem pakar terdiri dari pemilihan pakar sebagai sumber pengetahuan, akuisisi pengetahuan, representasi pengetahuan, pembangunan mesin infersia, implementasi, dan pengujian. Xpert System (XS) terdiri dari tiga komponen utama yaitu basis pengetahuan, mesin inferensi, dan antarmuka pengguna. Basis pengetahuan terdiri dari parameter-parameter kualitas pucuk teh yaitu kontaminasi, kadar pucuk halus dan medium, dan kerusakan mekanis. Mesin inferensi berisi aturan-aturan ( rule ) yang merupakan kombinasi jawaban dari user atas pertanyaan yang diajukan oleh sistem. Komponen antarmuka pada prototype ini terdiri dari 4 bagian, yaitu welcome screen , jendela konsultasi, dan jendela rekomendasi, dan jendela input data. Hasil dari uji verifikasi ,uji validasi, dan uji pengguna menyatakan bahwa prototype XS ini telah berjalan dengan baik, baik dari segi fungsi, teknis dan kemudahan penggunaan.

English Abstract

Indonesian tea export development immdiately decline in a last decade, that is from 123.900 ton in 1993 become only 88.175 ton in 2003, or average decline 2,1 percen every year (ITC, 2004). Reduction of market segment, increasing sum of unsold tea, and low price of Indonesian tyea is caused by quality bergaining of Indonesian CTC black tea is not appropriate with market appetite. Tea quality criteria including appereance, liquor, and infused liaf. Low and high the quality of tea is depending of tea bud and tea bud handling start from plucking, patching, packaging until transportation to the factory. To protect and increasing quality of tea bud, so need a tea bud quality control. Tea bud quality control need a fast analysis, accurate, and consistent until output of the product appropriate with quality has been definited. Human existence as expert has boundaries which can caused decisions has taked is difference. Software technology development has completed with artificial intelligence technique can help the human to solve the tasks. Intention of this research is to design expert system prototype for the tea bud quality control at process for CTC Black Tea Production in PTPN XII Kebun Kertowono. Xpert system (XS) is a expert system application composed by contamination parameter, degree of soft and medium bud parameter, and mechanical destruction parameter. XS is composed by three main component that is knowledge base, inference machine, and user interface. Base on verification, validation, and user interface test, declare that function, technique, and user easier of this application is fine running.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/152/050902127
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Aug 2009 08:51
Last Modified: 21 Oct 2021 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148149
[thumbnail of 050902127.pdf]
Preview
Text
050902127.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item