YosySeptianaRespati (2009) Analisis Segmentasi Konsumen Berdasarkan Aspek Demografi dan Perilaku Konsumen Dengan Analisis Cluster : studi kasus pada Rumah Makan “Ayam Bakar Wong Solo” Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Rumah makan perlu melakukan strategi pemasaran yang tepat karena konsumen semakin selektif dalam mengambil keputusan pembelian. Salah satu strategi pemasaran tersebut adalah dengan mengetahui segmen atau kelompok konsumen yang potensial bagi industri. Berdasarkan pengamatan terhadap Rumah Makan “Ayam Bakar Wong Solo” Cabang Malang, belum ada segmentasi pasar yang jelas, dapat dilihat dari beragam latar belakang konsumen yang datang, dengan kata lain hanya fokus untuk melayani kebutuhan konsumennya saja, namun belum ada kejelasan segmen atau kelompok konsumen yang potensial. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui segmentasi konsumen dilihat dari aspek demografi dan perilaku konsumen Rumah Makan “Ayam Bakar Wong Solo” Cabang Malang. Penelitian dilakukan pada bulan November-Desember 2008 di Rumah Makan “Ayam Bakar Wong Solo” Cabang Malang dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 54 konsumen. Pengelompokan konsumen didasarkan pada dua variabel segmentasi, yaitu aspek demografi dan perilaku konsumen. Dalam penelitian ini digunakan analisis cluster . Dari hasil penelitian menunjukkan terbentuk 2 cluster. Cluster I terdiri dari 25 konsumen (46,3%) dan cluster II terdiri dari 29 konsumen (53,7%). Klasifikasi cluster I untuk aspek demografi usia 17-25 tahun, pendidikan terakhir SMA dan Sarjana, pekerjaan Pelajar/Mahasiswa, pendapatan Rp 500.000,- sampai Rp 1.000.000,- perbulan. Aspek perilaku konsumen meliputi tanggapan konsumen tentang menu merupakan makanan favorit, tampilan menu menarik, kualitas terjamin, harga terjangkau dan rasa menu yang khas. Motivasi pembelian ingin mencoba menu, merek sudah terkenal, memenuhi kebutuhan fisiologis, merasa puas dan aman. Referensi pembelian karena keinginan diri sendiri dan teman. Status konsumen lama. Klasifikasi cluster II untuk aspek demografi usia 36-45 tahun, pendidikan terakhir Sarjana, pekerjaan Wiraswasta/Pengusaha, pendapatan > Rp 2.000.000,- perbulan. Aspek perilaku konsumen meliputi tanggapan konsumen tentang menu merupakan makanan favorit, tampilan menu menarik, kualitas terjamin, harga terjangkau dan rasa menu yang khas. Motivasi pembelian karena merek sudah terkenal, memenuhi kebutuhan fisiologis, merasa puas dan aman. Referensi pembelian karena keinginan diri sendiri, promosi, keluarga dan teman. Status konsumen lama
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2009/126/050901729 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jun 2009 09:33 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148124 |
![]() |
Text
050901729.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |