Analisis Perpindahan Merek Pada Konsumen Keripik Buah Dengan Metode Rantai Markov di Kota Malang : studi kasus pada Keripik Buah ”KressH” Malang

AnggarinaBudiAvailanti (2009) Analisis Perpindahan Merek Pada Konsumen Keripik Buah Dengan Metode Rantai Markov di Kota Malang : studi kasus pada Keripik Buah ”KressH” Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keripik buah adalah salah satu jenis makanan kering yang terbuat dari buah-buahan seperti apel, mangga, salak, nangka, dan melon. Meningkatnya permintaan terhadap keripik buah menyebabkan adanya peningkatan jumlah unit usaha yang memproduksi keripik buah khususnya di kota Malang. Dalam kondisi persaingan yang semakin meningkat, perusahaan yang satu dengan yang lain saling bersaing memperebutkan konsumen. Hal ini disebabkan karena beragamnya produk sejenis yang ditawarkan dalam berbagai merek meningkatkan keinginan konsumen untuk mencoba produk tersebut dalam berbagai merek. Oleh karena itu kemungkinan perpindahan merek yang dilakukan konsumen keripik buah tak bisa dihindarkan lagi akan semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perpindahan merek yang dilakukan konsumen keripik buah di kota Malang dan untuk menentukan faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli keripik buah Penelitian dilakukan pada bulan November-Desember 2008 di beberapa toko pusat oleh-oleh, Jln. Sanan, kota Malang. Responden dalam penelitian adalah konsumen yang pernah mengkonsumsi keripik buah dan atau sedang membeli keripik buah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan accidental sampling . Jumlah responden dihitung dengan lineiar time function adalah 100 responden. Analisis data menggunakan analisis Markov Chain dan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa probabilitas konsumen yang berpindah ke merek lain dan yang bertahan (loyal) untuk merek KressH sebesar 0,55 dan 0,45; merek Vigour sebesar 0,65 dan 0,35; merek swari sebesar 0,5 dan 0,5; merek Lancar jaya sebesar 0,3 dan 0,7; merek Niki sebesar 0,8 dan 0,2; dan merek lainnya sebesar 0,75 dan 0,25. Persentase jumlah konsumen untuk masing-masing merek keripik buah pada keadaan mantap ( steady state ) Lancar jaya 21,96 %, Kressh 18,47 %, Vigour 16,4 %, Swari 27,47 %, Niki 3,08 %, dan merek lainnya 12,61 %. Bila dilihat dari recurrence time konsumen merek KressH akan kembali pada merek KressH setelah mencoba merek lain sebanyak 5 kali, merek Vigour sebanyak 6 kali,Swari sebanyak 3 kali, Lancar Jaya sebanyak 4 kali, Niki sebanyak 32 kali dan merek lainnya sebanyak 7 kali. Berdasarkan hasil analisis faktor terdapat 6 faktor utama yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli keripik buah secara berurutan berdasarkan nilai eigenvalue yaitu kualitas (3,957); promosi (3,370); harga (1,728); distribusi (1,603); merek (1,092); serta kemasan (1,015)

English Abstract

Fruit Chips is one of snack that made from fruits as apple, mango, salaca, jack fruit, and melon. Increase of fruit chip demand cause to mark amount of business unit that produced fruit chip step-up in particular at Malang city. In competition which progressively increases, the one firm with another one mutually competing plays off consumer. Many products a sort that is on the market in various brand increase to make mouth water consumer to try that product in various brand. Therefore brand switching probability that done by fruit chip consumer cant be avoided will progressively increase. The objective of this research is to analyze brand switching that done by fruit chip consumer at Malang city and to determine considered factor in buy fruit chip. This research is held on November-December 2008 at severally shop centers present at Sanan Street, Malang city. The respondent of this research is consumer that ever been consuming fruit chip and or buying fruit chip. Samples taking technique utilize purposive sampling and accidental sampling. Total respondent accounted by linear time function are 100 respondents. The data analysis method uses Markov Chain Analysis and factor analysis. Based on this research, it can be concluded that probability of moving consumer to other brand and loyal for KressH are 0,55 and 0,45; Vigour are 0,65 and 0,35; Swari are 0,5 and 0,5; Lancar Jaya brand are 0,3 and 0,7; Niki are 0,8 and 0,2; and another brand are 0,75 and 0,25. Percentage foots up consumer for each one Fruit chip brands on steady state . Kressh 18,47%, Vigour 16,4 %, Swari 27,47%, Lancar Jaya 21,96 %, Niki 3,08%, and another brand 12,61%.based on recurrence time KressHs brand consumer will be back on KressHs brand after try brand any other as much 5 times, Vigours brand as much 6 times,Swari as much 3 times, Lancar Jaya as much 4 times, Niki as much 32 times and another brands as much 7 times. Base on factor analysis there are 6 considered prime factor consumer in buy fruit chip bases point eigenvalue respectively are quality (3,957); promotion (3,370); price (1,728); distribution (1,603); brand (1,092); and pack (1,015)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/112/0509001707
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2009 10:21
Last Modified: 21 Oct 2021 07:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148110
[thumbnail of 050901707.pdf]
Preview
Text
050901707.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item