Evaluasi Metode Infiltrasi Green-Ampt Pada Model Hidrologi Sebar Keruangan : studi kasus Di Sub DAS Coban Rondo), Kabupaten Malang

RatnaSriHartatik (2009) Evaluasi Metode Infiltrasi Green-Ampt Pada Model Hidrologi Sebar Keruangan : studi kasus Di Sub DAS Coban Rondo), Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketersediaan air yang memadai merupakan salah satu syarat penting untuk pertumbuhan tanaman. Namun kondisi yang demikian tidak selamanya dapat terkondisikan secara ideal. Tingkat laju infiltrasi ini sangat tergantung dari sifatsifat tanah yang berhubungan dengan kemampuan tanah dalam menyerap air dan kemampuannya dalam menghantarkan air. Pengukuran infiltrasi di lapangan selain membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit, juga terkadang terlalu memberatkan sehingga laju infiltrasi seringkali diabaikan. Sehubungan dengan hal ini perlu dikembangkan suatu pendekatan model sebagai dasar estimasi dalam menentukan besarnya infiltrasi tanah. Tujuan dari penelitian ini diantaranya adalah Mengembangkan Model Infiltrasi Green-Ampt untuk menentukan laju infiltrasi pada model hidrologi sebar keruangan dan untuk mengetahui perubahan laju infiltrasi pada berbagai tanah dengan karakteristik fisik yang berbeda pada Sub-DAS Coban Rondo dengan menggunakan model infiltrasi yang dikembangkan, sedangkan manfaatnya antara lain Menambah wawasan dan pengetahuan tentang metode Green-Ampt yang digunakan untuk mengetahui besarnya infiltrasi yang terjadi dilapangan serta Hasil dari studi ini diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman untuk melakukan pendugaan infiltrasi keruangan pada tataguna lahan yang berbeda secara cepat, tepat dan akurat dengan menggunakan pendekatan model limpasan permukaan. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Fisika Tanah, Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, sedangkan pengambilan sampel tanah dilakukan di daerah wisata Coban Rondo. Pengambilan sampel tanah dilakukan pada satu jenis tanah yaitu Andosol, pengambilan sampel sebanyak 5 titik yang akan dilakukan pengukuran besarnya infiltrasi kumulatif dengan menggunakan metode infiltrasi Green-Ampt. Penelitian yang dilakukan di Laboratorium bertujuan untuk mendapatkan nilai parameter-parameter yang dibutuhkan untuk menghitung nilai laju infiltrasi yang terjadi yaitu: konduktivitas hidrolik (K), porositas tanah (q) dan resapan muka basah (y). Program Visual Basic 6.0 yang dibuat dapat berjalan dengan baik dan telah diuji verifikasi dan validasinya. Hasil perhitungan dari program ini sama dengan hasil yang terdapat pada contoh namun memiliki sedikit perbedaan dengan hasil perhitungan manual. Hal ini disebabkan adanya perbedaan penggunaan angka di belakang koma dan hasil perhitungan dari program ini lebih akurat karena menggunakan semua angka dibelakang koma tanpa pembulatan. Hasil verifikasi juga telah diuji dengan menggunakan grafik linear dengan nilai R2 sebesar 0,9825.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/11/050900255
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2009 11:12
Last Modified: 21 Oct 2021 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148107
[thumbnail of 050900255.pdf]
Preview
Text
050900255.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item