Efisiensi Pemasaran Kripik Kentang dengan Pendekatan Struktur, Tingkah Laku dan Kinerja Pasar di Kota Batu

MohamadHanaRahman (2008) Efisiensi Pemasaran Kripik Kentang dengan Pendekatan Struktur, Tingkah Laku dan Kinerja Pasar di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri kecil di kota Batu banyak yang bergerak di bidang Agroindustri. Sampai tahun 2006 jumlah unit usaha kripik kentang bertambah dari 2 unit usaha menjadi 13 unit usaha dengan penjualan pertahunnya mencapai 85.200 kg. Pertambahan unit usaha ini akan meningkatkan persaingan diantara perusahaan dengan produk sejenis. Sistem pemasaran merupakan faktor yang penting untuk menghadapi persaingan. Sistem pemasaran kripik kentang banyak mengandalkan jasa lembaga pemasaran pengecer, maka dari itu perlu dikaji bagaimana kinerja sistem pemasaran tersebut. Tujuan penelitian adalah menganalisis struktur, tingkah laku dan kinerja pasar kripik kentang di kota Batu, dan menganalisis marjin pemasarannya untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran. Serta mengetahui variabel apa saja yang berpengaruh terhadap marjin pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian efisiensi pemasaran ini adalah dengan menganalisa struktur pasar kripik kentang, struktur pasar ditentukan oleh pangsa pasar perusahaan, konsentrasi pasar, sulit tidaknya perusahaan baru masuk pasar. Kemudian melihat tingkah laku pasar yang timbul akibat struktur pasar yang ada, Tingkah laku perusahaan dalam pasar melibatkan pembelajaran mengenai penentuan harga, dan ada tidaknya taktik kolusi antar perusahaan. Dan selanjutnya dilakukan analisa marjin pemasaran untuk mengetahui kinerja pasar kripik kentang, serta dianalisa variabel apa saja yang mempengaruhi marjin pemasaran.Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa struktur pasar yang terbentuk, adalah struktur pasar oligopoli. Kajian tentang tingkah laku pasar menunjukkan bahwa penentuan harga dalam pasar kripik kentang lebih dipengaruhi oleh biaya yang timbul akibat faktor produksi, perusahaan kripik kentang banyak yang memilih saluran pemasaran II (produsen-pengecer-konsumen) untuk memasarkan produknya dalam pasar kripik kentang juga tidak ada taktik kolusi antar perusahaan. Efisiensi pemasaran yang menunjukkan indikator kinerja pasar untuk saluran pemasaran I, II, dan III adalah 100%, 76%, dan 67%. Sedangkan variabel yang mempengaruhi marjin pemasaran secara signifikan adalah biaya tenaga kerja pemasaran dan keuntungan lembaga pemasaran. Dengan persamaan regresi Y = 861,753 + 1,984 X1 + 0,83 X2 + 1,332 X3. dari hasil uji F dan uji t, diperoleh bahwa variabel di atas berpengaruh secara positif terhadap marjin pemasaran. Kata Kunci : Efisiensi Pemasaran, Struktur Pasar, Tingkah Laku Pasar, Kinerja Pasar, Marjin Pemasaran

English Abstract

In Batu City, a lot of small industries are corporate in agro industry. Up to 2006, the number of potato chips industries increase from 2 units to 13 units which the number of sales quantities is 85,000 kg/year. The increasing of the number of unit will raise the number of competition among the companies that produce the similar product. Therefore, marketing system becomes the important factor for facing the competition. Marketing systems in potato chips industries rely on the retail service. Consequently, performance of marketing system need to be analyzed. The objective of this research is analysing the structure, conduct, and market performance of potato chips industries in Batu city. Furthermore, this research also analyzes the marketing margin to find out the market efficiency and determine the variables that are influenced toward marketing margin. Research method that is applied in this efficiency market research is analyzing the market structure of potato chips. Market structure is determined by market segment, market concentration, and the difficulties of new companies to penetrate the market. Furthermore, it also consent to the behaviour of market that come out because of the market structure, company behaviour in determining the price of product in the market, and collusion tactic between the companies. In addition, marketing margin is analysed to determine performance of potato chips market, and also analyse the variables that influence marketing margin.Based on this research, it is found that the type of market structure is oligopoly market. Study about market behaviour has a result that the determining of the price is influenced by production cost. Most of potato chips industries prefer to implement second marketing line (producer-retail-consumer) for selling their product. Moreover, it is shown that no collusion tactic between companies. Marketing efficiency also indicates that the indicator of market performance for marketing line I, II, and III are 100%, 76%, and 67% in respectively. However, the variable that is significantly influenced the marketing margin is cost for marketing staff and profit for marketing department. Based on regression equation Y = 861,753 + 1,984 X1 + 0,83 X2 + 1,332 X3, from F experiment and T experiment are shown that those variable have positive influenced to marketing margin. Key Word : Marketing Efficiency, Market Structure, Market Conduct, Market Performance, Marketing Margin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2008/36/050800704
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2008 09:18
Last Modified: 21 Oct 2021 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148030
[thumbnail of 050800704.pdf] Text
050800704.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item