Analisis sikap dan perilaku konsumen terhadap perubahan kemasan Susu Kedelai “Risa”

IidMufaidah (2008) Analisis sikap dan perilaku konsumen terhadap perubahan kemasan Susu Kedelai “Risa”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Unit usaha mikro “Risa” merupakan salah satu produsen susu kedelai yang berlokasi di Perumahan Joyogrand Malang mengeluarkan susu kedelai dengan kemasan baru. Kemasan semula berupa plastik ditutup dengan karet gelang diubah menjadi cup 220 ml. Perubahan kemasan dilakukan untuk memberikan stimulus terhadap sikap dan perilaku konsumen, oleh karena itu perlu dilakukan analisis sikap dan perilaku konsumen terhadap perubahan kemasan susu kedelai “Risa”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tentang bagaimana sikap dan perilaku konsumen terhadap perubahan kemasan susu kedelai “Risa”, nilai sikap dan norma subyektif yang mempengaruhi maksud beli konsumen terhadap perubahan kemasan, dan perubahan nilai atribut kemasan oleh konsumen sebelum dan setelah membeli. Penelitian dilaksanakan September 2007 - Februari 2008, pengumpulan data dilakukan pada tanggal 8 - 19 Januari 2008 di Joyogrand, Dinoyo, dan Ketawanggede kota Malang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 72 responden yaitu konsumen yang pernah membeli atau sedang membeli atau mengkonsumsi susu kedelai ”Risa” usia 17-60 tahun. Variabel dalam penelitian ini adalah keyakinan/ kepercayaan sebelum membeli, evaluasi, keyakinan/kepercayaan normatif dan motivasi. Atribut pada variabel keyakinan/kepercayaan sebelum mebeli dan evaluasi setelah membeli antara lain komposisi warna pada kemasan, desain gambar, informasi pada label, kemudahan label untuk diingat, kepraktisan kemasan, kemudahan kemasan untuk dibuka, kekuatan bahan pengemas, cara penutupan. Atribut pada variabel keyakinan/kepercayaan normatif dan variabel motivasi antara lain anggota keluarga,tenaga penjual, teman dan orang lain. Analisis data menggunakan analisis sikap dan perilaku konsumen dengan Model Multiatribut Fishbein. Pada penelitian ini dapat disimpu kan bahwa konsumen menerima perubahan kemasan susu kedelai “Risa” dengan sikap mendekati baik (+15,361) pada skala pengukuran -27,663 (sangat tidak baik) dan +27,663 (sangat baik), dan konsumen memiliki maksud beli terhadap produk dengan nilai perilaku yang positif (15,444). Maksud beli Konsumen sebagian besar dipengaruhi oleh diri sendiri dengan nilai 0,718, sedangkan pengaruh pihak lain sebesar 0,282. Penilaian konsumen terhadap atribut kemasan menurun setelah konsumen membeli atau mengkonsumsi susu kedelai “Risa”.

English Abstract

Risa micro business unit is one of the soy milk producen which have location in Joyogrand, to release new package of “Risa” soy milk, initialy in the plastic form with bangle rubber turned into cup 220 ml. Package Change conducted to give stimulus for consumer’s attitude and behavior, therefore require to analyse of consumers attitude and behavior to change of “ Risa” soy milk package. The aims this research are to know about consumers attitude and behavior toward to change of “ Risa” soy milk package, and values of attitude and subjective norms that will influence on buying intention, and change of consumers perception on attribute values of package before and after buying. Research executed September 2007 - Februari 2008, data collecting on 8 - 19 January 2008 in Joyogrand, Dinoyo, and Ketawanggede, Malang town. This research used descriptive method with questionnaire instrument. The amount of respondens are 72, they are consumers at the of age 17-60 years old, which have been bought, are still on buying or consuming of ”Risa” soy milk. Variables in this research are before buying confidence, evaluation, normative confidence and motivation. Attribute at before buying confidence variable and evaluation variable consist of package colour composition, picture design, lable information, amenity of lable to be remembered, package practice, amenity of package to be opened, materials strength of package, way of closing. Attribute at normative confidence variable and motivation variable consist of family, sellers, friends and others. Data analysis uses Fishbein Multiatribut Model.Conclusions are consumers to accept change of “Risa” soy milk package, with goodness attitude scale (+15,361) at measurement scale -27,663 (very bad) and + 27,663 (very good), and consumers have buying intention toward the product with behavior value which are positive (15,444). Consumers buying Intention most of influenced by ownself with value 0,718, while influence of others equal to 0,282, Respectively consumers assessment toward package attribute to down after buying or consuming “Risa” soy milk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2008/28/050800635
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2008 10:43
Last Modified: 21 Oct 2021 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148021
[thumbnail of 050800635.pdf] Text
050800635.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item