Penyusunan Dokumen Standard Operating Procedure (SOP) Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Proses Produksi Donat Di UKM Ladzid Donat, Malang.

DhanyHermansyah (2008) Penyusunan Dokumen Standard Operating Procedure (SOP) Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Proses Produksi Donat Di UKM Ladzid Donat, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Donat merupakan salah satu jenis makanan yang sudah populer di Indonesia. Makanan berjenis roti dengan bagian tengah yang berlubang ini mulai masuk ke Indonesia diperkirakan sejak tahun 60-an. Hingga saat ini sudah bermunculan beberapa perusahaan yang memproduksi donat dengan beragam variasinya. Tidak terkecuali di kota Malang. Beberapa perusahaan berskala UKM yang memproduksi kue donat juga mulai bermunculan, salah satunya adalah UKM Ladzid Donat yang memproduksi donat bermerk Tren Donat. Sebagaimana industri berskala UKM lainnya, UKM Ladzid juga mempunyai permasalahan dalam hal proses produksi terutama terkait dengan tidak adanya standar prosedur yang jelas dalam melaksanakan kegiatan proses produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun dokumen Standard Operating Procedur e (SOP) proses produksi donat di UKM Ladzid Donat Malang. Manfaat penelitian ini adalah membantu UKM Ladzid Donat dalam meningkatkan kualitas proses produksinya dengan SOP yang dihasilkan, sehingga dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan produksi. Urutan proses penelitian yang dilakukan adalah: identifikasi masalah, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan penyebaran kuesioner. Kemudian membuat dokumen SOP, melakukan kaji ulang dokumen SOP ke pekerja dan validasi ke pimpinan. Standard Operating Procedure (SOP) proses produksi donat terdiri dari tujuh tahapan proses, ketujuh tahapan tersebut adalah: Persiapan bahan baku, berat masing-masing bahan dan komposisinya harus sesuai dengan formulasi atau resep yang telah ditetapkan. Pembuatan adonan, proses pencampuran adonan yang pertama adalah terigu, gula, telur, ragi, air, baking powder dan calcium. Kemudian diaduk dengan mixer listrik selama 20 menit. Setelah itu masukkan mentega dan garam kemudian diaduk kembali selama lima menit hingga kalis. Proses pendiaman, adonan yang sudah jadi didiamkan selama 25 menit hingga mengembang. Proses pencetakan, adonan dibagi menjadi empat bagian untuk memudahkan pencetakan kemudian diratakan dengan menggunakan roll dan reversible sheeter sampai ketebalan 0,5 cm lalu dicetak secara manual dengan alat pencetak. Proses penggorengan, adonan yang sudah dicetak didiamkan kembali selam 30 menit setelah itu baru digoreng dalam wajan yang berisi minyak goreng dengan suhu 182 0-1900C selama 2 menit. Proses penirisan, donat yang sudah matang ditiriskan di atas rak penirisan selama 10 menit. Proses pemberian topping , bagian atas donat diberi topping berupa coklat meses, coklat cair, kacang tanah, cream, atau keju.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2008/191/050803432
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2008 09:25
Last Modified: 21 Oct 2021 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147965
[thumbnail of 050803432.pdf]
Preview
Text
050803432.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item