Implementasi Metode Quality Function Deployment untuk Meningkatkan Pelayanan Papa Ron s di Kota Malang

KhoirulNurohmi (2008) Implementasi Metode Quality Function Deployment untuk Meningkatkan Pelayanan Papa Ron s di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Papa Rons Pizza adalah salah satu bisnis franchise family style restaurant yang menyajikan pizza sebagai produk utamanya. Permasalahan yang sedang dihadapi Papa Ron s Malang saat ini adalah volume penjualan rata-rata 4 tahun terakhir sebesar 36 juta pizza/bulan masih belum memenuhi target yang telah ditentukan, yaitu sebesar 40 juta pizza/bulan. Salah satu usaha untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah mengidentifikasi harapan dan penilaian pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan dibandingkan pesaingnya, sehingga diperoleh rancangan teknis perbaikan kualitas pelayanan yang akan dilakukan pihak manajemen. Metode untuk perbaikan kualitas pelayanan di Papa Ron s Malang adalah metode QFD ( Quality Function Deployment ). Selain fokus terhadap pelanggan, QFD juga menyatukan dua pendapat berbeda yaitu kepentingan produsen dan kebutuhan pelanggan agar produk dan jasa yang dihasilkan dapat memuaskan kedua belah pihak (Norman, 2002). Penelitian dilaksanakan di Papa Ron s Pizza, Malang pada bulan April -Juli 2008. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan kuisioner berdasar perhitungan linier time function . Penyebaran kuesioner ada 2 tahap: Pertama, kuesioner harapan pelanggan ( Whats ), Kedua penentuan prioritas dan evaluasi pelanggan, yang masing-masing 154 responden pelanggan eksternal, sedangkan kuesioner perbandingan performance melibatkan 5 pelanggan internal (karyawan). Langkah-langkah analisis QFD (identik dengan HoQ) adalah sebagai berikut: identifikasi atribut Whats , evaluasi pelanggan, identifikasi teknikal respon dari produsen ( Hows ), analisa hubungan antara Whats dan Hows , perbandingan performace, dan Analisis Trade off . Hasil survei terhadap pelanggan diperoleh lima belas (15) atribut whats, dengan tiga (3) prioritas utama yaitu penambahan menu paket hemat, promosi, dan penambahan variasi menu pizza. Setelah diketahui atribut whats langkah penting selanjutnya adalah melakukan evaluasi atau perbandingan pelayanan Papa Ron s dengan Pizza Hut. Tiga (3) dari lima belas (15) harapan pelanggan yang dianggap kurang memuaskan adalah atribut menu paket hemat, variasi menu pizza, dan promosi dengan nilai target perbaikan masing-masing 5 atau sangat memuaskan. Hasil interpretasi atribut whats dihasilkan 25 technical response dari produsen ( hows ), dengan tiga (3) urutan prioritas utama adalah keahlian karyawan, program menu paket hemat, dan brosur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2008/178/050802912
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2008 09:19
Last Modified: 21 Oct 2021 06:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147950
[thumbnail of 050802912.pdf] Text
050802912.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item