Pembuatan Kefir Susu Kacang Hijau (Phaseolus radiatus L.) Kajian Pengaruh Konsentrasi Susu Skim dan Lama Fermentasi terhadap Sifat Fisik, Kimia, dan Organoleptik.

PrisCillaMijayani (2008) Pembuatan Kefir Susu Kacang Hijau (Phaseolus radiatus L.) Kajian Pengaruh Konsentrasi Susu Skim dan Lama Fermentasi terhadap Sifat Fisik, Kimia, dan Organoleptik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kefir adalah susu fermentasi yang memiliki rasa, warna dan konsistensi yang menyerupai yogurt serta memiliki aroma khas yeasty (seperti tape). Kefir diperoleh melalui proses fermentasi susu pasteurisasi menggunakan starter berupa biji kefir ( kefir grain) , yaitu kumpulan bakteri asam laktat dan beberapa jenis khamir. Kefir bermanfaat bagi kesehatan terutama kesehatan pencernaan, faat bagi penderita "lactose intolerance", serta membantu merangsang terbentuknya sistem imun pada tubuh. Kacang hijau ( Phaseolus radiatus L .) merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mempunyai rasa dan bau yang lebih enak dibandingkan kacang-kacangan lain. Berdasarkan penelitian sebelumnya, kacang hijau dapat dimanfaatkan untuk berman minuman fermentasi yaitu yogurt dan yakult. Untuk mening u DMRT engan selang kepercayaan 5%. Pemilihan perlakuan terbaik dilakukan dengan metode De Garmo. a perlakuan penambahan konsentrasi usu skim dan lama fermentasi berpengaruh nyata terhadap pH, total asam, total perlakuan % dan kesukaan warna 5,85 (menyukai), sa 3,75 (netral), aroma 5,60 (menyukai), dan kekentalan 3,90 (netral). Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh penambahan susu skim dan lama fermentasi terhadap sifat fisik, kimia dan organoleptik kefir susu kacang hijau. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 faktor. Faktor I adalah konsentrasi susu skim (0%, 2%, 4%, 6%) dan faktor II adalah lama fermentasi (24, 36, 48 jam). Data yang diperoleh dianalisa dengan analisa ragam (ANOVA) kemudian dilanjutkan dengan uji BNT .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2008/110/050801586
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Aug 2008 13:40
Last Modified: 21 Oct 2021 05:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147880
[thumbnail of 050801586.pdf]
Preview
Text
050801586.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item