Manajemen risiko pemasaran keripik tempe dengan metode fuzzy non numeric multicriteria multiperson decision making : studi kasus di keripik tempe Abadi Malang

DianNuritaKusumawati (2008) Manajemen risiko pemasaran keripik tempe dengan metode fuzzy non numeric multicriteria multiperson decision making : studi kasus di keripik tempe Abadi Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan ABADI mengalami penurunan penjualan dari tahun 1999-2007. Penyebanya ketatnya tingkat persaingan industri kripik tempe. Hal ini dapat diatasi dengan strategi pemasaran yang tepat. Penentuan strategi pemasaran perlu kehati-hatian karena mempunyai risiko. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui risiko strategi pemasaran kripik tempe, menentukan prioritas alternatif pada strategi pemasaran kripik tempe serta menentukan sensitivitas masing-masing faktor risiko. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif. Pakar yang digunakan sebagai responden berjumlah 3. Metode analisis data menggunakan Fuzzy Non Numerik Multi Criteria Multi Person Decision Making (ME-MCDM). Hasil analisis tingkat risiko pemasaran kripik tempe secara umum adalah sedang. Nilai risiko dari masing-masing faktor adalah produk mempunyai tingkat risiko yang paling tinggi, sedangkan place dan promotion tergolong sedang. Prioritas alternatif terbaik dalam manajemen risiko pemasaran kripik tempe untuk minimasi terjadinya risiko adalah mempertahankan dan mengembangkan segmen pasar produk (45,7%), menambah saluran distribusi (23,3%), memperluas media promosi (17,3%) dan mengembagkan diversifikasi produk (13,7%). Faktor place merupakan faktor risiko yang paling sensitif. Sedangkan faktor product dan promotion sensitivitasnya relativ cukup rendah.

English Abstract

Since 1999 until 2007 the selling volume ABADI company continuosly decreased. It was because the tighten level of competition in Chips of Tempe Industry. This condition can be anticipated by applying appropriate marketing strategies But, choosing those strategies should consider to their risk of company’s profit. The objective of this research are to know the risk of marketing strategy in Chips of Tempe, to determine of alternative strategy on marketing strategy on Chips of Tempe and to determine sensitivities on every risk factor. The method used was descriptive method. This research used 3 respondents. The data analysis method uses Fuzzy Non Numeric Multi Criteria Multi Person Decision Making ( ME-MCDM ). The result showed that generally the marketing risk in medium level. Product is the highest risk level factor while both place and promotion is in medium level. The alternative strategy of marketing risk management for Chips of Tempe Abadi follow this priority : maintaining and developing market segment product (45,7%), adding distribution channel (23,3%), extending promotion media (17,3%) and developing product diversification (13,7%). Plac e is the most sensitive factor of marketing risk management, while product and promotion are relatively insensitive

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2008/100/050801505
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Aug 2008 11:10
Last Modified: 21 Oct 2021 05:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147869
[thumbnail of 050801505.pdf]
Preview
Text
050801505.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item