FianitaAriesanti (2007) Analisis Segmentasi Pasar pada Konsumen Bakpao Telo dengan Metode Fuzzy C-Means Clustering : studi kasus di Sentra Pengembangan Agrobisnis Terpadu Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bakpao telo sebagai produk baru yang potensial membutuhkan pengembangan terkait dalam penentuan sasaran pasar atau segmentasi. Hal ini dilakukan agar pasar dapat terlayani secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentasi konsumen bakpao telo berdasarkan aspek demografi, psikografi, geografi dan perilaku konsumen dengan metode fuzzy c-means clustering. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung dan membeli bakpao telo SPAT. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan accidental sampling . Penetapan jumlah responden dihitung dengan linier time function . Analisis data menggunakan fuzzy c-means clustering dengan 3 cluster. Karakter konsumen bakpao telo SPAT relatif homogen. Mayoritas konsumen cluster 1 adalah berusia 17-30 tahun, mayoritas konsumen cluster 2 adalah berusia 41-50 tahun dan mayoritas konsumen cluster 3 adalah berusia 31-40 tahun. Mayoritas konsumen pada cluster 1 dan 2 bekerja sebagai wiraswasta dan konsumen pada cluster 3 bekerja sebagai pegawai negeri sipil. Tingkat pendidikan mayoritas konsumen pada cluster 1 dan 3 adalah sarjana (S1) dan konsumen pada cluster 2 adalah SLTA. Tingkat pendapatan konsumen pada ketiga cluster adalah diatas Rp 2.000.000/bulan. Secara geografi, konsumen dari ketiga cluster adalah masyarakat perkotaan. Berdasarkan karakteristik psikografi, konsumen bakpao telo SPAT merupakan masyarakat menengah keatas yang menyukai bakpao telo karena keunikan dan nilai gizinya. Perilaku konsumen dari ketiga cluster adalah konsumen mengkonsumsi bakpao telo setiap saat dengan frekuensi kunjungan dan konsumsi bakpao telo relatif tinggi. Konsumen memberikan respon positif terhadap keberadaan bakpao telo sebagai makanan alternatif dengan menempatkan faktor harga dalam pengambilan keputusan pembelian.
English Abstract
Bakpao telo as a potential new product need development about market determining or segmentation. This development was done to serve market optimally. The research aimed at knowing segmentation of bakpao telo consumer based on demography, geography, psychograph and consumer behavior with fuzzy c-means clustering method. Respondent was consumer that visited and bought bakpao telo SPAT. The sampling technique used purposive sampling and accidental sampling. Determining of total respondent was counted by linier time function. Data analysis used fuzzy c-means clustering with 3 clusters. Consumer characters of bakpao telo SPAT was homogeneous relative. Majority of consumer in first cluster were 17-30 years old, majority of consumers in second cluster were 41-50 years old and majority consumer in third cluster were 31-40 years old. Majority of consumer in first and second cluster worked as an entrepreneur and consumer in third cluster worked as a civil servant. The education level of consumer majority in first and third cluster was bachelor degree and consumer in second cluster was senior high school. The income level of consumer in the three clusters was over Rp 2.000.000/month. In geographically, consumer in the three clusters was urban society. Based on psychograph characters, consumer of bakpao telo SPAT was middle up society that liked to consume bakpao telo because of unique and nutrient value of product. Consumer behavior in the three clusters was consumer consume bakpao telo in every time with frequency of visit and consume high relatively. The consumer gave positive response to bakpao telo as a food alternative that placed a price factor in buying decision.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2007/52/050700691 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 14 May 2009 14:07 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 05:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147830 |
![]() |
Text
050700691.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |