Pengaruh campuran serbuk gergaji dan tanah andosol sebagai media tanam terhadap tanaman sawi (Brassica juncea) pada sistem Vertikultur.

RochmadiahTriWahyuni (2006) Pengaruh campuran serbuk gergaji dan tanah andosol sebagai media tanam terhadap tanaman sawi (Brassica juncea) pada sistem Vertikultur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penanganan limbah penggergajian (industri pengolahan kayu), selama ini belum optimal karena hanya dibiarkan membusuk, ditumpuk, sebagian dibuang ke aliran sungai (pencemaran air), atau dibakar secara langsung (dapat menambah emisi karbon ke atmosfer). Alternatif pemanfaatan yang sudah dilakukan, yaitu mengkonversi menjadi arang serbuk, briket arang, arang aktif, arang kompos dan soil conditioning. Pandangan baru pemanfaatan serbuk gergaji, yaitu sebagai media tanam selain itu juga semakin sempitnya lahan pertanian, sehingga suatu teknik bercocok tanam di ruang sempit dengan memanfaatkan bidang vertikal sebagai tempat bercocok tanam dilakukan secara bertingkat (Vertikultur) merupakan pilihan yang mudah dan praktis. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh pembuatan media tanam (dikomposkan/tidak dikomposkan) dan mengetahui perbandingan campuran serbuk gergaji dan tanah andosol yang sesuai terhadap tanaman sawi pada sistem vertikultur. Penelitian dibatasi pada masalah pengaruh pembuatan serta perbandingan media tanam terhadap pertumbuhan tanaman sawi (Brassica juncea) pada sistem vertikultur. Manfaat penelitian ini adalah mampu menjadi alternatif pemanfaatan limbah industri pengolahan kayu (serbuk gergaji), sehingga menjadi produk yang bernilai tambah dengan teknologi aplikatif dan kerakyatan, serta dapat dijadikan informasi dan bahan pertimbangan bagi pembaca yang ingin mengetahui cara budidaya tanaman sawi dengan menggunakan media tanam yang cocok bagi pertumbuhan sawi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2005 di Greenhouse Universitas Muhammadiyah Malang dan laboratorium Teknik Tanah dan Air Jurusan Teknik Pertanian, FTP, Unibraw. Alat yang digunakan antara lain : oven, timbangan digital, gelas ukur, bak plastik/drum, termometer ruangan, polibag, kayu. Bahan yang digunakan antara lain : serbuk gergaji (campuran dari jenis kayu Jati dan Kamper), tanah andosol, kotoran sapi, air, EM4, pupuk urea dan benih sawi jenis tosakan/caisim Bangkok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental yang dianalisa menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) disusun secara faktorial dengan 5 ulangan. Percobaan menggunakan dua faktor yaitu : Faktor pertama adalah perlakuan serbuk gergaji (P) yaitu tidak dikomposkan (P1) dan dikomposkan (P2), dan faktor kedua adalah perbandingan komposisi media tanam ( C ) yaitu 75% serbuk gergaji : 25% tanah andosol (C1), 50% serbuk gergaji : 50% tanah andosol (C2) dan 25% serbuk gergaji : 75% tanah andosol (C3).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2007/050702989
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2007 00:00
Last Modified: 21 Oct 2021 04:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147732
[thumbnail of 050702989.pdf]
Preview
Text
050702989.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item