Desain Sistem Informasi untuk Promosi dengan media SMS (Short Message Service) pada Sentra Pengembangan Agrobisnis Terpadu (SPAT) Pasuruan

HestryHerdiyaningsih (2007) Desain Sistem Informasi untuk Promosi dengan media SMS (Short Message Service) pada Sentra Pengembangan Agrobisnis Terpadu (SPAT) Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu kebutuhan fasilitas yang semakin meningkat saat ini adalah kebutuhan akan layanan komunikasi. Layanan komunikasi bisnis itu berupa advertensi dalam bentuk promosi atau iklan. Untuk meningkatkan pelayanan dan mempermudah dalam memberikan informasi berupa produk-produk dan program baru kepada masyarakat, maka SPAT melakukan kegiatan promosi. Selama ini, SPAT melakukan promosi dengan media televisi, website, flyer, majalah dan memasang banner ataupun spanduk di tempat-tempat strategis dengan jumlah yang relatif sedikit. Namun penyebaran informasi yang dipakai oleh SPAT (Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu) tidak ada yang bersifat personal dan dengan cepat diterima oleh pelanggan. Sehingga SPAT sulit untuk menyampaikan informasi yang lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan tersebut. Selain itu karena lokasi SPAT yang cukup jauh sehingga pelanggan juga mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi yang terbaru dengan mudah dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain aplikasi yang dapat melayani kebutuhan informasi pelanggan baik satu ataupun dua arah melalui SMS sebagai media komunikasi. Penelitian dilakukan di SPAT (Sentra Pengembangan Agrobisnis Terpadu) Pasuruan yang dilaksanakan pada April 2007. Tahap pengembangan sistem dilakukan pada bulan Juni 2007 di Laboratorium Manajemen dan Sistem Industri Pertanian Jurusan Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, malang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan alternative yaitu prototyping yang difokuskan pada rancang bangun sistem informasi untuk promosi dengan media SMS. Sistem yang dirancang pada penelitian ini hanya sebatas pembuatan prototype, tidak sampai pada tahap implementasi dan pemeliharaan. Pada sistem informasi untuk promosi yang telah dibangun, pelanggan SPAT dapat langsung mendapatkan informasi mengenai produk baru SPAT, event yang akan dilaksanakan dan juga informasi mengenai potongan harga yang ditawarkan. Arsitektur sistem menggunakan aplikasi Auto Respond SMS dengan bantuan perangkat komputer dan modem GSM serta memanfaatkan jaringan GSM. Aplikasi ini memiliki fasilitas untuk regristrasi pelanggan dan validasi pelanggan secara otomatis, permintaan informasi tertentu dan pembuatan laporan atau report.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2007/050702727
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2007 00:00
Last Modified: 21 Oct 2021 04:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147722
[thumbnail of 050702717.pdf] Text
050702717.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item