Analisis variabel penerimaan konsumen terhadap es krim telo dengan analisis jalur : studi kasus di Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu

RilaKristanti (2007) Analisis variabel penerimaan konsumen terhadap es krim telo dengan analisis jalur : studi kasus di Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanaman ubi jalar (Ipomoea batatas) memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan menjadi produk pangan yang bermanfaat. Hal tersebut disebabkan oleh komposisi gizinya yang cukup baik dan khasiatnya untuk kesehatan. Menurut Kobori (2003), kandungan gizi ubi jalar ungu yang menonjol adalah karbohidrat, betakaroten, vitamin E, vitamin A, kalsium, zat besi dan juga serat. Upaya diversifikasi produk ubi jalar di daerah Malang khususnya diproduksi oleh Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu (SPAT) dan produknya sangat beranekaragam mulai dari kripik, kue, juice, dan lainnya, dengan produk unggulan berupa kue yang terbuat dari ubi jalar ungu yang disebut bakpao telo. Produk olahan lain yang baru dikembangkan oleh SPAT adalah es krim telo . Keunggulan produk tersebut adalah es krim telo mempunyai keunikan dari segi bahan baku yaitu ubi jalar ungu dimana masih belum ada kompetitornya, dan manfaat bagi kesehatan yang diperoleh dari kandungan gizi pada bahan baku. Keunggulan lainnya adalah harganya yang relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan es krim yang terbuat dari susu dengan kemasan (cup) yang banyak beredar di pasaran. Tujuan pengembangan produk es krim telo adalah peningkatan segmen pasar dengan diversifikasi ubi jalar sebagai bahan bakunya sehingga produsen dapat meningkatkan profit dengan mendapatkan penerimaan pasar, yaitu kesediaan konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi produk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2007/050702547
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2007 00:00
Last Modified: 21 Oct 2021 02:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147679
[thumbnail of 050702547.pdf]
Preview
Text
050702547.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item