Analisis pemahaman konsumen tentang iklan televisi Kacang Atom Sukro dengan Consumer Decision Model (CDM) dan strategi perbaikannnya

NorLailyRahmawati (2007) Analisis pemahaman konsumen tentang iklan televisi Kacang Atom Sukro dengan Consumer Decision Model (CDM) dan strategi perbaikannnya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses informasi, termasuk informasi kandungan gizi kacang tanah. Dengan kemudahan ini masyarakat tidak kuatir mengkonsumsi kacang tanah. PT Dua Kelinci merupakan perusahaan penghasil makanan ringan berbahan baku kacang tanah. Sukro adalah produk Dua Kelinci kategori kacang atom yang paling laku dibandingkan dengan produk lainnya. Berdasarkan data penjualan, pada tahun 2004 penjualan Sukro mengalami peningkatan namun mengalami penurunan di tahun 2006. Semakin banyaknya produk baru dari pesaing yang bermunculan dan intensitas pemutaran iklan Sukro sangat rendah merupakan faktor penyebab penurunan volume penjualan Sukro. Persaingan yang makin ketat mengharuskan perusahaan melakukan strategi pemasaran yang tepat, yaitu dengan melakukan promosi melalui periklanan. Meskipun tidak secara langsung berdampak pada pembelian, iklan merupakan sarana pemasaran dalam menjalin komunikasi antara perusahaan dengan konsumen serta sebagai upaya yang dapat digunakan dalam menghadapi pesaing. Tujuan penelitian adalah menganalisis bentuk hubungan dan pengaruh pesan iklan televisi Sukro dengan CDM, mengidentifikasi variabel antara dan bukan antara dari masing-masing variabel serta merumuskan strategi perbaikan periklanan untuk peningkatan penjualan dengan menggunakan AHP. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2007 di PT Dua Kelinci, Pati, Jawa Tengah. Pengolahan data di Laboratorium MSIP Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang. Variabel yang diukur yaitu pesan iklan (F), pengenalan merek (B), keyakinan konsumen (C), sikap konsumen (A) terhadap niat beli (I). Kriteria pesan iklan pada pembobotan AHP antara lain : isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan. Sedangkan alternatif/strateginya antara lain : memorable dan kreatif, penggunaan ilustrasi, slogan, peningkatan intensitas dan image bintang. Berdasarkan hasil penelitian, variabel F mempengaruhi B, variabel B mempengaruhi C, variabel F mempengaruhi A, variabel B mempengaruhi A, variabel A mempengaruhi I. Variabel F tidak mempengaruhi C, C tidak mempengaruhi I, niat beli I tidak mempengaruhi P. Variabel A merupakan variabel antara pada hubungan F-A-I, variabel B juga merupakan variabel antara pada hubungan F-B-A namun bukan merupakan variabel antara pada hubungan FB- C, variabel C bukan merupakan variabel antara pada hubungan F-C-I. Berdasarkan hasil AHP, kriteria pesan iklan yang mempunyai bobot paling besar adalah format pesan sebesar 0,371. Strategi dengan bobot paling besar adalah image bintang sebesar 0,029.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2007/050702541
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2007 00:00
Last Modified: 21 Oct 2021 02:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147673
[thumbnail of 050702541.pdf] Text
050702541.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item