Uji kinerja alat pengontrol suhu dan kelembaban udara greenhouse menggunakan mikrokontroler AT89C51, SHT 75 dan Personal Computer

LusiHariswati (2007) Uji kinerja alat pengontrol suhu dan kelembaban udara greenhouse menggunakan mikrokontroler AT89C51, SHT 75 dan Personal Computer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Performance atau unjuk kerja dari suatu alat atau mesin diartikan sebagai cara kerja atau kemampuan alat atau mesin didasarkan pada suatu pengukuran besaran-besaran fisika. Perkembangan elektronika dan komputer yang pesat telah melengkapi berbagai kisaran tranduser dan instrumen untuk pendataan, penanganan, perhitungan, penyimpanan dan penunjukan (display). Sehingga teknologi elektronika dan instrumentasi banyak berperan besar dalam memenuhi kebutuhan otomatisasi peralatan, mesin, ataupun bangunan pertanian seperti greenhouse yang berkemampuan tinggi. Dari penelitian sebelumnya mikrokontroler AT89C51 dan SHT 75 diaplikasikan pada ruang penyimpanan untuk mengontrol suhu dan RH dengan efek pengkabutan dengan melibatkan Personal Computer (PC). Hal ini membuahkan gagasan untuk melakukan unjuk kerja dari alat pengontrol ini yang akan diaplikasikan di dalam ruang greenhouse Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui prinsip dan mekanisme kerja alat pengontrol suhu dan RH serta menguji kinerja alat pengontrol suhu dan RH di dalam ruang greenhouse. Metode penelitian yang digunakan antara lain alat-alat yang digunakan yaitu rangkaian mikrokontroler AT89C51, sensor SHT 75, kabel RS 232, pompa air, selang air, nozzel, bak penampung air, AC (Air Conditioning), dan seperangkat PC. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini dilakukan beberapa pengujian diantaranya pengujian rangkaian mikrokontroler dengan lampu indikator. Hasilnya berjalan sesuai dengan keinginan, pengujian komunikasi serial antara mikrokontroler dengan komputer hasil pengujiannya berjalan baik walaupun masih ada pencatatan dan pelaporan status alat masih ada kesalahan, dan pengujian sistem secara keseluruhan adalah alat dirangkai dan diuji serta dibandingkan dengan alat konvensional, hasilnya perbedaan pembacaan pada ketiga titik, pada suhu berkisar antara 0ºC - 3ºC dan kelembaban berkisar antara 0% - 8%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah alat pengontrol suhu dan RH menggunakan mikrokontroler AT89C51 dengan melibatkan PC dapat berfungsi dengan baik pada suhu 21ºC - 26ºC dan RH 60% - 90% dalam ruang greenhouse dengan ukuran P*L*T sebesar 200cm*100cm*200cm. Hasil unjuk kerja sensor dengan termometer suhu dan termometer bola basah dan bola kering yang telah dibuat korelasi dengan grafik pada ketiga titik menghasilkan nilai R2 yang mendekati 1, hal ini berarti percobaan yang dilakukan dapat dipercaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2007/050701744
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Aug 2007 00:00
Last Modified: 21 Oct 2021 01:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147621
[thumbnail of 050701744.pdf]
Preview
Text
050701744.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item